facebook

4 Ciri Stres yang Kamu Alami Tak Bisa Diabaikan Lagi, Sudah Parah!

Latifah ..
4 Ciri Stres yang Kamu Alami Tak Bisa Diabaikan Lagi, Sudah Parah!
Ilustrasi stres (unsplash.com/Uday Mittal)

Stres memang pasti akan dialami siapapun. Namun, stres yang sudah parah gak bisa dibiarkan begitu saja. Kalau kamu abaikan, bisa meningkat menjadi depresi, dan itu berbahaya.

Berikut akan diulas beberapa ciri yang menandakan kalau stres yang kamu alami mesti ditangani secepatnya, dan tak bisa diabaikan lagi. Apa saja ciri stres? Mari simak ulasan lebih lanjut.

1. Gampang marah-marah

Stres yang sudah parah bisa memengaruhi suasana hati. Salah satunya, kamu jadi gampang marah. Masalah kecil sedikit saja sudah bisa bikin kamu meledak-ledak.

Bila ciri ini sudah kamu rasakan, ada baiknya mencari penyebab sumber stresmu. Misalnya, disebabkan lembur setiap hari. Kalau sudah begitu, coba bicarakan ke atasan untuk mengurangi tugas-tugasmu sehingga gak harus lembur setiap hari. Ceritakan pula mengenai kondisi mentalmu. Karena atasan yang peduli, pasti bisa mengerti.

2. Sulit berkonsentrasi

Ciri lain kalau stres yang kamu alami sudah tingkat parah, yakni memengaruhi kemampuanmu untuk berkonsentrasi. Kamu jadi pelupa, sering gak fokus, dan hal itu terlihat pada performa kerjamu.

Cobalah untuk mengambil cuti atau membicarakan ke atasan kalau kamu gak bersedia untuk bekerja di akhir pekan. Bila dipaksakan, justru bikin kamu gak produktif. Memiliki waktu istirahat yang cukup sebenarnya merupakan hakmu, lho!

3. Pola makan jadi kacau

Stres yang sudah parah juga dapat berdampak pada pola makan. Makan kamu jadi gak beraturan, porsinya jadi berlebihan, atau malah sering kehilangan nafsu makan. Hati-hati, lho, kalau ini terus dibiarkan bisa memengaruhi kesehatan fisikmu.

4. Mengalami obesitas

Sudah saatnya buang jauh-jauh pemikiran kalau badan gemuk itu sehat. Justru obesitas menandakan ada masalah kesehatan yang kamu alami.

Salah satunya disebabkan stres yang tak terkendali. Kebangetan stres selain bisa mengacaukan pola makan, juga bisa membuatmu mudah mengalami kelebihan berat badan, lho.

Stres memang tak bisa dihindari, tapi bisa dikendalikan. Misalnya saja, dengan rutin berolahraga, istirahat yang cukup, melakukan meditasi atau latihan pernapasan.  Tidak lupa pula untuk menyeimbangkan waktu antara bekerja dengan kehidupan pribadi. Sehingga, kamu stres yang kamu rasakan bisa ditekan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak