facebook

3 Ciri Sahabat yang Baik, Wajib Paham agar Tidak Salah Pilih

Aelvin ..
3 Ciri Sahabat yang Baik, Wajib Paham agar Tidak Salah Pilih
Ilustrasi sahabat (Unsplash/Melissa Askew)

Kebanyakan orang berharap dapat memiliki sahabat dalam hidupnya. Akan tetapi, menemukan sahabat sejati bukanlah perkara yang mudah. Bahkan, terkadang teman baik yang kamu anggap sahabat pun masih saja berbuat hal tak menyenangkan yang membuat kamu tidak nyaman.

Sebab itulah  kamu perlu tahu apa saja ciri sahabat yang baik supaya ke depannya tidak salah memilih. Tidak mau kan salah memilih teman?

Mengenal Ciri Sahabat yang Baik

Sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui apakah sahabatmu itu baik atau justru sebaliknya. Melalui beberapa cirinya berikut ini, kamu akan tahu seperti apa sahabatmu sekarang.

1. Mendukung di Saat Kamu Kesulitan

Kamu memiliki orang yang selalu mendukungmu di saat merasa kesulitan? Bersyukurlah karena tandanya dia merupakan sahabat yang baik. Dia yang baik pasti akan selalu ada untukmu. Bukan hanya di saat kamu merasa senang, tetapi juga ketika merasa kesulitan.

Sahabat yang baik tak akan pernah membelakangimu saat kamu membutuhkan tempat curhat ataupun pertolongan. Mereka bahkan akan mengerti tanpa kamu beritahu bahwa kini kondisimu sedang sulit. Terkadang, walaupun tak bisa membantu menyelesaikan semua masalahmu, mereka akan memastikan selalu ada untukmu, kapan pun itu.

2. Menegur Ketika Kamu Hendak Mengambil Keputusan yang Salah

Salah satu ciri sahabat yang baik akan senantiasa menjagamu dari segala hal merugikan. Mereka akan menjadi orang pertama selain keluarga yang menegurmu ketika kamu melakukan kesalahan. Sahabat yang baik bukan ada untuk memuji atau mengatakan segala hal yang baik di depanmu, tetapi di belakang malah sebaliknya. 

Sahabat yang baik akan memberi tahumu bahwa keputusan yang hendak kamu ambil kemungkinan merugikan. Meskipun kalian akan terlibat perdebatan, tetapi mereka akan selalu tetap mendukung apapun keputusan yang kamu ambil, selagi semuanya bersifat positif. Kemudian, saat kamu benar-benar jatuh, mereka akan siap di belakangmu untuk terus memberikan dukungan.

3. Menjaga di Saat Kamu Sedang Lengah

Sahabat yang baik senantiasa akan selalu menjagamu, terutama saat kamu sedang lengah. Di saat kamu sedang sakit, mereka pasti akan memberikan perhatian padamu seperti dengan menanyakan apakah kamu membutuhkan sesuatu, atau bagaimana keadaanmu.

Selain itu, mereka juga akan selalu mencegahmu ketika merasa kamu sedang dalam keadaan tidak bisa mengambil keputusan yang benar. Mereka akan memintamu memikirkan kembali apakah kamu benar memerlukan hal tersebut atau tidak. Mereka juga akan memberi tahu kamu kemungkinan resiko dari keputusan yang kamu ambil itu.

Apabila beberapa ciri sahabat yang baik ini ada pada diri orang terdekatmu, sebaiknya kamu tidak menyia-nyiakan mereka. Sebab menemukan sahabat seperti mereka bukanlah hal yang mudah!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak