facebook

Tips Sukses Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Ilfinda Zaka Oc
Tips Sukses Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email
Ilustrasi Melamar Kerja (Pixabay/StartupStockPhotos)

Salah satu hal yang harus dipahami dalam era modernisasi berteknologi adalah cara dalam menggunakan teknologi baik tepat waktu dan tepat sasaran sehingga dapat menghasilkan hasil yang diharapkan termasuk dalam urusan melamar pekerjaan.

Banyak dari perusahaan yang melakukan rekruitmen tenaga kerja untuk mengisi posisi pekerjaan yang sedang kosong dengan berkirim lamaran kerja lewat email.

Berikut tips sukses mengirim lamaran kerja lewat email:

1. Kirim surat lamaran kerja dalam bentuk satu PDF

Saat mengirim surat lamaran kerja, pastikan beberapa data seperti surat lamaran kerja, curicullum vitae, dan beberapa berkas pendukung jadikan dan kirimkan dalam satu file.

File dokumen tersebut berbentuk format PDF dan berada pada ukuran maksimal satu MB.

2. Kirim surat lamaran kerja disaat jam kerja

Pastikan saat mengirim surat lamaran kerja melalui email disaat berada pada jam kerja sehingga tidak bertumpuk dengan email email yang lain. Pada saat jam kerja kemungkinan besar email tersebut terbaca sesaat setelah pengiriman.

3. Pastikan data dokumen dalam keadaan terbaca

Saat mengirim surat lamaran kerja melalui email usahakan untuk data scanan dalam kondisi mudah terbaca dan tidak buram sehingga dapat terbaca dengan baik. Data yang terbaca akan membuat surat lamaran kerja anda akan dapat dibaca oleh pihak HRD perusahaan.

4. Saat mengirim surat lamaran kerja email baiknya adalah nama kita dan subyek email diisi 

Saat mengirim surat melalui email usahakan adalah email yang sesuai nama kita dan kemudian subyek email diisi posisi pekerjaan yang ingin dilamar.

Dengan menyesuaikan nama email sesuai dengan nama dan subyek email yang diisi sesuai dengan posisi pekerjaan maka, akan memudahkan surat lamaran kerja tersebut dapat mudah tersampaikan dan terbaca saat proses melamar kerja.

Itulah tips-tips mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email. Selain beberapa tips itu dipastikan bahwa para pelamar kerja harus siap untuk dipanggil sewaktu-waktu saat sesudah melamar pekerjaan. Sehingga para pelamar kerja harus  bersiap untuk tes setelah lolos pemberkasan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak