facebook

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Interpersonal, Kamu Harus Tahu!

Nisaul F. Sutrisna
5 Cara Meningkatkan Kemampuan Interpersonal, Kamu Harus Tahu!
Ilustrasi dua wanita sedang berdiskusi. (pexels.com)

Di zaman modern ini, teknologi menghasilkan banyak sekali manfaat untuk mempermudah manusia dalam menjalankan kehidupan. Namun, dampak buruk dari teknologi ini adalah membuat kemampuan interpersonal manusia berkurang.

Nah, apa itu kemampuan interpersonal? Secara umum, kemampuan interpersonal diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain, misalnya kemampuan negosiasi, kemampuan memecahkan suatu masalah, kemampuan dalam beradaptasi, dan lain–lain. Lantas, bagaimana cara meningkatkan kemampuan interpersonal itu sendiri?

Berikut ini 5 cara untuk meningkatkan kemampuan interpersonal.

1. Belajar menjadi pendengar yang baik

Untuk menjadi pendengar yang baik, kamu harus membiasakan dirimu bersungguh – sungguh dalam mendengar apa yang orang lain sampaikan padamu saat pembicaraan tengah berlangsung tanpa memikirkan hal lainnya. Kalau kamu sudah bisa menjadi pendengar yang baik, maka kamu sudah menguasai salah satu keterampilan interpersonal.

2. Belajar memahami informasi yang diberikan orang lain

Selain menjadi pendengar yang baik, belajar untuk memahami informasi yang disampaikan orang lain kepadamu juga tidak kalah penting. Kamu harus bisa menyimak dan menarik kesimpulan dari informasi yang diberikan. Kamu juga harus mengerti apa esensi yang disampaikan lawan bicaramu.

3. Membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain

Seperti yang kita tahu, bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya interaksi dan keterkaitan dengan orang lain, maka berhubungan baik dengan orang lain merupakan aspek penting dalam hidup ini. Membangun dan memelihara relasi dengan orang lain akan sangat berguna bagi hidupmu, sebab ketika kamu dalam kesulitan, akan ada orang yang bersedia membantumu.

4. Belajar memberikan feedback kepada orang lain

Mungkin kamu pernah mengalami perbedaan pemikiran dengan orang di sekitarmu ketika sedang berdiskusi. Nah, saat hal tersebut terjadi, kemampuan untuk menerima dan menghargai perbedaan sangatlah penting dalam menjaga hubunganmu dengan orang lain. Maka dari itu, ketika perbedaan terjadi, jangan memaksakan orang lain untuk menerima pemikiran kita, tapi biasakan untuk mencari benang merah atau jalan tengah. 

5. Meningkatkan keterampilan persuasif

Keterampilan persuasif merupakan salah satu kemampuan interpersonal yang harus kamu kuasai. Komunikasi yang bersifat membujuk orang lain ini bertujuan agar orang bisa terpengaruh dan menerima gagasanmu. Tapi, hal tersebut tidak selalu berjalan lancar. Kamu juga akan menerima penolakan dari orang lain. Maka, sangat penting buat kamu untuk meningkatkan keterampilan persuasif jika ingin orang lain terpengaruh olehmu dengan senang hati.

Nah, itulah 5 cara untuk meningkatkan kemampuan interpersonalmu. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak