facebook

3 Tips Menjaga Semangat Kerja saat Punya Masalah Keluarga

Muhammad Hafizh Ramadhan
3 Tips Menjaga Semangat Kerja saat Punya Masalah Keluarga
Ilustrasi perempuan bekerja (pexels.com/@ron-lach)

Masalah keluarga memang bisa jadi penyebab seseorang stres. Jika kamu masih serumah dengan mereka, selalu bertemu membuat keadaan semakin tidak mengenakkan. Namun, hidup jauh dengan mereka juga belum pasti dapat menjadi solusinya. Karena perdebatan melalui chat masih bisa terjadi.

Dalam kondisi yang tidak nyaman seperti itu, kamu tetap harus bekerja. Berikut beberapa tips menjaga semangat kerja saat punya masalah keluarga.

1. Mengubah ruang kerja dan jadwal dalam bekerja

Menjaga semangat kerja bukan hanya harus dilakukan dari dalam dirimu saja. Terkadang sesuatu di luar dirimu pun harus diubah kalau kamu sulit dalam menumbuhkan semangat. Kamu dapat menata ulang perlengkapan ruang kerjamu, misalnya dengan mengubah meja atau kursi, menambahkan lampu, dan juga membeli hiasan.

Begitu juga dengan jadwal kerjamu, dalam keadaan penuh tekanan karena masalah keluarga, cobalah untuk sedikit toleran terkait jadwal kerja. Kamu bisa mulai kerja agak lebih siang daripada biasanya dengan syarat tugas-tugas pada hari itu bisa diselesaikan.

2. Fokus untuk mulai bekerja

Walaupun kamu pada awalnya sangat malas untuk memulai kerja, tapi semangat tersebut pasti akan muncul usai kamu mencoba untuk fokus bekerja selama 15 hingga 30 menit. Kamu akan merasa senang dengan apa yang yang dirimu kerjakan, sehingga bisa menjalani hari dengan sangat baik.

Yakinkan dirimu agar meninggalkan kebiasaan menunda-nunda untuk bekerja. Karena dengan menunda pekerjaan hanya akan menghilangkan semangat pada dirimu dan juga membuatmu berpikir yang lain sehingga menyebakan kamu semakin sedih.

3. Bekerja daripada mencari pelarian ke hal-hal yang negatif

Akibat masalah keluarga yang membuat setiap orang  pusing, dapat menyebabkan keinginan untuk mencoba cari pelarian. Hal itu akan berbahaya kalau sudah berpikir untuk mencari suatu pelarian-pelarian negatif. Contohnya, memakai narkoba. Jangan sampai kamu berpikir bisa mencoba sekali terus berhenti.

Namun, nyatanya kamu justru yang akan kecanduan mengonsumsinya dan hidupmu bakal hancur. Bekerja dengan giat bisa menjadi pelarian yang baik, karena masalah keluarga itu tidak menjadi hal yang terus kamu perhatikan dan pekerjaanmu akan semakin baik.

Itulah 3 tips menjaga semangat kerja di saat punya masalah keluarga. Tetap jaga semangatmu dalam bekerja!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak