facebook

4 Alasan Orang Pura-pura Tidak Kenal saat Tak Sengaja Bertemu, Bukan Melulu Sombong

Sapta Stori
4 Alasan Orang Pura-pura Tidak Kenal saat Tak Sengaja Bertemu, Bukan Melulu Sombong
Ilustrasi Orang Berpapasan (unsplash.com/Andrik Langfield)

Ketika berada di luar rumah, acapkali secara tidak sengaja kita bertemu pandang dengan seseorang yang sudah lama tidak dijumpai. Saat itu terjadi, ada kalanya orang yang kita kenali sama sekali tidak menyapa atau menunjukkan suatu reaksi. Walau sempat saling mengenal dalam jangka waktu yang lama, bukan mustahil seseorang melupakan wajah dan nama orang yang pernah dikenalnya, terlebih kemampuan untuk mengingat sesuatu memang berbeda bagi setiap orang.

Walau begitu, tak sedikit orang yang memang sengaja berpura-pura tidak kenal saat bertemu. Tenang, tak perlu terburu-buru mencap bahwa dia memiliki sifat sombong atau tak ingin mengenal kita lagi. Mungkin saja ia mengalami salah satu dari beberapa situasi berikut ini:

1. Khawatir Salah Mengenali Orang

Beberapa orang ragu untuk menyapa kita terlebih dahulu saat bertemu, karena ia takut salah mengenali orang, apalagi jika sudah lama sekali tidak berjumpa. Selain karena kemiripan wajah merupakan sesuatu yang lumrah, wajah seseorang juga bisa berubah seiring waktu. Oleh sebab itu, ia memilih untuk tidak menyapa lebih dulu, demi menghindari rasa malu kalau-kalau dia salah mengenali orang, terlebih jika berada di tempat umum.

2. Khawatir Tidak Diingat

Adalah sesuatu yang wajar jika kita merasa malu dan sedih ketika seseorang yang kita kenal ternyata tidak mengingat kita sama sekali, terlebih jika kita pernah mengenalnya dalam waktu yang lama. Kekhawatiran tersebut membuat beberapa orang memilih untuk berpura-pura tidak kenal atau menunggu kita yang menyapa lebih dulu.

3. Kurang Percaya Diri atau Tengah Menghadapi Masa Sulit

Saat bersua dengan teman yang sudah lama tidak kita jumpai, sudah menjadi sesuatu yang wajar untuk bertanya tentang kabar dan kehidupan masing-masing. Namun, kita tidak dapat mengetahui dengan pasti, pertanyaan apa saja yang benar-benar tepat untuk ditanyakan kepada seseorang, sekalipun kita sudah begitu berhati-hati untuk memilah pertanyaan mana saja yang sekiranya baik untuk disampaikan.

Ketika seseorang berpura-pura tidak mengenali kita, bisa jadi saat itu ia tengah berada dalam masa sulit kehidupannya atau merasa kurang percaya diri untuk berhadapan dengan orang lain yang sudah lama tidak bertemu dengannya. Ia mungkin khawatir dihadapkan pada pembicaraan yang ia enggan untuk membahasnya atau pertanyaan yang ia tidak siap untuk menjawabnya.

4. Ingin Melupakan Masa Lalu

Beberapa orang juga memilih untuk berpura-pura tidak mengenali kita, karena keputusannya untuk meninggalkan masa lalunya. Kita memang tidak pernah bisa memilih, di fase kehidupan kita yang mana kita berkenalan dengan seseorang. Demikian juga sebaliknya.

Tidak menutup kemungkinan, perkenalan kita dengan seseorang terjadi tepat di saat dia tengah melalui saat-saat terburuk dalam kehidupannya. Saat kita bertemu dengannya kembali secara tidak sengaja dan ternyata dia memilih untuk pura-pura tidak mengenal kita, bisa saja hal itu dilakukannya karena ia tak ingin mengingat kembali masa lalu yang sudah ia tinggalkan. Mungkin saja ia tengah berjuang melanjutkan kehidupannya dan takut masa lalu yang telah berhasil ia lupakan dengan susah payah, kembali menghampirinya melalui pertanyaan atau perbincangan yang sesungguhnya tak pernah ingin ia ungkit lagi.

Mari berusaha untuk berbaik sangka kepada setiap orang. Dengan demikian, kita akan terhindar dari pikiran-pikiran yang kurang baik dan mampu memahami orang lain lebih dalam.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak