facebook

Ingin Presentasi di Kelas Jadi Lebih Menarik? Terapkan 5 Tips Ini!

Desyta Rina Marta Guritno
Ingin Presentasi di Kelas Jadi Lebih Menarik? Terapkan 5 Tips Ini!
Ilustrasi Presentasi (Pixabay/geralt)

Siapa yang kalau di sekolah atau di kampus masih menggunakan metode pembelajaran dengan presentasi kelompok? Metode yang satu ini banyak digunakan karena dianggap bisa melatih keaktifan siswa atau mahasiswa.

Akan tetapi, bagi pemateri, membuat presentasi menjadi lebih menarik adalah pekerjaan yang tidak mudah. Untuk itu, bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini:

1. Gunakan Template PPT yang Estetik

Tampilan PPT yang menarik tentu juga akan menarik perhatian audience, kamu bisa menggunakan template yang banyak tersedia di website. Daripada mengandalkan template bawaan aplikasi yang mungkin terkesan membosankan, kamu bisa dengan mudah mengreasikan sendiri desain PPT-mu sesuai dengan seleramu. Beri warna yang cerah, font lucu, dan animasi bergerak supaya menambah kesan menarik.

2. Intonasi Bicara yang Jelas

Gunakan intonasi bicara yang jelas, ingat ya, tidak perlu keras asal jelas. Pastikan juga suaramu bisa terdengar ke seluruh ruangan sehingga audience bisa mendengar penjelasanmu. Dengan intonasi bicara yang jelas tentu itu akan membuat orang tertarik untuk menyimak penjelasanmu.

3. Percaya Diri

Ini yang masih sulit untuk di terapkan, memiliki rasa percaya diri di depan rasanya agak sukar bagi sebagian orang. Pasti ada rasa malu, takut, gerogi, dan lain-lain, tetapi paling tidak kamu harus belajar percaya diri saat sedang melakukan presentasi agar audience juga merasa yakin dengan apa yang kamu presentasikan.

4. Bawa Media untuk Membantu Penjelasan

Kalau materimu membutuhkan media untuk membantu proses penjelasan maka tidak ada salahnya kalau kamu membawa media tersebut, selain membuat presentasimu lebih menarik, hal tersebut juga bisa membuat audience merasa lebih paham dengan apa yang kami jelaskan.

5. Penampilan Diri Sendiri

Tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan agar presentasimu bisa lebih menarik, orang tentu akan merasa nyaman memperhatikan seseorang dengan tampilan yang bersih dan rapi. Untuk itu, sebelum memulai presentasi, perhatikan dul penampilanmu ya.

Itulah 5 tips agar presentasi di kelas menjadi lebih menarik, kamu bisa memraktikkannya saat di sekolah atau kampus. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak