facebook

Jangan Khawatir! Ini 4 Cara Menghadapi Pasangan yang Egois Tanpa Emosi

Keza Felice
Jangan Khawatir! Ini 4 Cara Menghadapi Pasangan yang Egois Tanpa Emosi
Ilustrasi pasangan (Pixabay/Lambhappines)

Menghadapi dan mengubah perilaku pasangan yang mempunyai keegoisan tinggi memang tidak mudah. Pada dasarnya, keegoisan bisa saja sudah melekat pada karakter seseorang sejak masih kecil dan berkembang hingga dewasa. Karena itulah sikap tersebut dapat berdampak pada hubungan asmara.

Akan tetapi, walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengubah perilaku egois pasangan, tetapi kamu tidak bisa  menyerah begitu saja. Untuk menghadapi pasangan yang egois tanpa perlu emosi, kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini!

Sederet Cara Menghadapi Pasangan yang Egois

1. Fokus Pada Berbagai Hal Positif

Mungkin pada beberapa kondisi kamu dapat melihat dengan jelas bagaimana pasanganmu bersikap egois. Akan tetapi, di lain waktu pasanganmu juga menunjukkan betapa besar cintanya untuk kamu. Karenanya, daripada kamu hanya memikirkan sikap egoisnya dan membuat perasaanmu tersakiti, cobalah untuk fokus pada perlakuan baik yang telah dia lakukan.

Kamu juga perlu mendukungnya sehingga dia bisa berubah menjadi lebih baik. Hargai setiap perbuatan baik yang pasangan lakukan sehingga secara perlahan dia bisa menekan sikap egoisnya.

2. Memberikan Tanggung Jawab Padanya

Secara tidak sadar, mungkin kamu yang paling banyak mengurus setiap tanggung jawab untuk hubungan. Hal ini akan membuat pasanganmu lebih santai sehingga dia terbiasa merasa tenang dan puas saat kamu yang menghandle semuanya. Secara tak langsung ini menjadi peluang baginya untuk bersikap egois dan membuatmu kerepotan dengan berbagai macam hal yang dia tuntutkan.

Alasannya tentu saja karena dia tahu kamu sanggup menyelesaikannya, sementara dia tidak terbiasa untuk melakoninya sendirian. Oleh sebab itulah cara mengatasinya yakni dengan memberikan pasanganmu kesempatan untuk melakukan beberapa tanggung jawab dalam hubungan. Biarkan dia melakukan tanggung jawabnya sendiri dan bantulah dia ketika benar-benar mengalami kesulitan.

3. Berdiskusi Dengannya

Kamu tidak bisa selalu menerima sikap egoisnya tanpa berbuat apapun dan hanya berharap suatu hari nanti dia akan berubah. Kalau perilakunya membuat kamu tertekan dan menderita, maka cobalah untuk berbicara dengannya. Tetap bersikap waspada dan hati-hati ketika kalian berdiskusi agar permasalahan bisa segera terselesaikan. Cobalah bersikap  lembut agar dia tidak tersinggung tetapi kamu juga harus tetap tegas. Berilah dia pemahaman yang baik sehingga apa yang kamu inginkan dapat diterima olehnya.

4. Memberikan Batas Kesabaran Pada Diri Sendiri

Meskipun kamu sangat mencintainya, tetapi kamu juga perlu memberikan batas kesabaran pada dirimu sendiri. Kamu tidak bisa membiarkan dia memanfaatkan niat baikmu. Kalau dia terus menolak upayamu untuk mengubahnya, kamu tidak bisa melakukan banyak hal lagi. Apabila dia masih saja mementingkan dirinya sendiri, maka kamu perlu bersikap tegas. Kamu dapat menjauh agar dia sadar betapa pentingnya dirimu dalam kehidupannya. Juga pertimbangkan apakah kamu akan melanjutkan hubungan tersebut atau justru sebaliknya.

Apakah  kamu siap menghadapi pasangan yang egois itu dengan beberapa cara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak