facebook

Jangan Asal, Ini Waktu Terbaik dan Cara Tepat Menggunakan Serum Rambut

Joko Utomo
Jangan Asal, Ini Waktu Terbaik dan Cara Tepat Menggunakan Serum Rambut
Ilustrasi Rambut Sehat. (pexels)

Ada beragam cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan rambut indah dan berkilau, misalnya dengan hair serum. Produk berbasis likuid dan memiliki kandungan formula silikon ini sangat baik untuk menghaluskan dan membuat rambut jadi lebih bercahaya. 

Kendati demikian, jangan memasukan produk perawatan ini ke dalam rambut secara asal-asalan saja. Kalian harus tahu waktu terbaik dan cara paling tepat menggunakan, agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Apalagi mengingat jika hair serum juga dapat membantu melancarkan regenerasi folikel dan sel rambut.

1. Gunakan Saat Rambut Masih Setengah Kering

Pakai hair serum setelah keramas dan saat rambut dalam kondisi setengah kering. Menurut penjelasan yang diberikan oleh dove, hal ini bertujuan agar kelembaban rambut dapat semakin terlindungi sekaligus menghindari risiko mengembang. 

Selanjutnya apabila sering menggunakan styling rambut, usapkan hair serum sebelum memakai alat tersebut. Selain itu akan menjadi lebih bagus lagi jika menghindari alat ini karena rambuat mudah rusak. Akan tetapi, jika tetap merasa membutuhkan, pilih produk hair serum yang dilengkapi kandungan khusus untuk melindungi dari pancaran panas.

2. Menyesuaikan Dengan Tekstur dan Struktur Rambut 

Menurut keterangan dari Derma Essentia, jika rambut kalian tergolong tebal, dapat menggunakan hair serum sebanyak dua atau tiga kali seminggu. Namun untuk rambut tipis, tidak boleh terlalu sering agar tidak mudah lepek. Jadi cukup sekali saja setiap tiga hari. Hal ini juga berlaku bagi kalian yang memiliki rambut lurus. 

Sedangkan rambut bergelombang atau ikal dan keriting, mempunyai kebutuhan yang lebih banyak. Jadi, tidak ada salahnya menggunakan hair serum setiap hari atau paling tidak setiap dua hari sekali. 

3. Teknik Penggunaan

Penggunaan hair serum secara tepat tidak hanya membuat rambut menjadi lebih indah dan dapat membantu menciptakan kesempurnaan dalam penampilan. Selain itu yang tak kalah penting, juga mudah diatur dan tidak mudah kusut. 

Hanya saja pemakaiannya tidak boleh berlebihan karena justru dapat menimbulkan kerusakan. Berdasarkan petunjuk dari healthline, tuang satu atau dua tetes saja di tangan, lalu usapkan secara merata pada bagian tengah hingga bawah rambut. Jangan sampai mengenai akar agar kulit kepala tetap kering dan tidak mudah berminyak. 

Satu hal lagi sebagai petunjuk terakhir, jangan menggunakan serum rambut jika rambut masih kotor. Jadi harus keramas lebih dulu dengan sampo hingga benar-benar bersih untuk mencegah kehadiran ketombe dan bau tidak sedap.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak