facebook

5 Cara Cepat Membersihkan Rumah Menurut Para Ahli, Wajib Kamu Coba!

Hellen Nurdiana
5 Cara Cepat Membersihkan Rumah Menurut Para Ahli, Wajib Kamu Coba!
Ilustrasi orang bersih-bersih. (Pexels/ Cottonbro)

Biasanya rutinitas membersihkan rumah akan dilakukan saat cuaca sedang cerah atau saat akhir pekan. Karena tak jarang orang akan merasa tidak nyaman jika rumahnya terlihat berantakan apalagi kotor. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama? Itu artinya kamu tidak sendirian. 

Jika di hari-hari biasa yang kamu lakukan hanya sekedar menyapu lantai, atau melipat pakaian yang baru kering. Biasanya saat hari cerah dan kamu memiliki waktu luang maka kamu akan menggunakannya untuk membersihkan rumah.

Namun, jika akhir pekan kamu habiskan hanya untuk membersihkan rumah, tentu saja hal tersebut terlalu berlebihan. Kamu akan kehilangan waktu berharga kamu untuk melakukan kegiatan lain yang kamu sukai. 

Berikut 5 cara cepat membersihkan rumah menurut para ahli yang di rangkum dari laman mindbodygreen, dijamin kamu akan menghemat banyak waktu dan dapat melakukan kegiatan lain yang menyenangkan.

1. Bersihkan Satu Ruangan dalam Satu Waktu

Jika kamu adalah orang yang sangat rajin bersih-bersih dan fanatik dengan tata letak benda dalam ruangan, kamu pasti tahu bagaimana perjuangan bolak-balik dari ruangan satu ke ruangan lainnya yang sedang berusaha kamu bereskan.

Namun menurut ahli kebersihan lingkungan Tonya Harris, Hal tersebut seringkali membuang-buang waktu. Dia mengatakan, "Membersihkan hanya satu ruangan dalam satu waktu akan menghemat banyak waktu, daripada mencoba membersihkan dua atau tiga ruangan sekaligus."

Harris menambahkan bahwa, kamu harus memutuskan ruangan mana yang ingin kamu bersihkan terlebih dulu, kemudian mulailah membersihkan dari menata ruangan, mengelap debu, dan barulah kamu dapat menyapu dan mengepel lantai.

Hal tersebut akan menghemat tersebut akan menghemat banyak waktu kamu, dibandingkan dengan membersihkan dua sampai tiga ruangan sekaligus.

2. Gunakan Pembersih Serbaguna

Kekuatan dari pembersih serbaguna adalah, tentu saja karena "serbaguna". Jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa membuatnya sendiri dengan cuka dapur dan soda kue sebagai pembersih serbaguna kamu. 

Caranya adalah dengan menaburkan lapisan tipis soda kue di atas area yang ingin dibersihkan, lalu semprotkan cuka secukupnya di area tersebut, tunggu beberasa saat maka noda atau minyak akan terangkat dari permukaan. Kemudian bersihkan noda tersebut dengan air.

3. Bawalah Tempat Sampah atau Box ke Setiap Ruangan

Membawa tempat sampah ataupun tempat penyimpanan lainnya ke dalam ruangan yang sedang kamu bersihkan, adalah sebuah ide yang bagus.

Jadi, jika kamu menemukan sampah atau barang-barang yang ingin kamu buang atau ingin kamu pindahkan ke ruangan lain, kamu tidak perlu berlarian untuk sekedar membuang sampah atau memindahkan barang.

4. Coba Kalahkan Waktu

Siapa bilang membersihkan tidak bisa menjadi permainan? Becky Rapinchuk dari Clean Mama merekomendasikan untuk mengatur timer dan menantang diri kamu sendiri untuk mengalahkan waktu, dengan mengatakan bahwa, "Itu akan mempercepat kamu dan membuat kamu tetap pada tugas membersihkan yang sudah ada." 

Hal tersebut juga berguna untuk kamu yang hanya memiliki waktu terbatas untuk membersihkan rumah. Lagi pula, tidak ada yang bisa seperti jam yang terus berdetak untuk membuat kamu bergerak lebih efisien.

5. Pasangkan Kegiatan Membersihkan Rumah dengan Sesuatu yang Menyenangkan

Hal yang tidak kalah penting adalah kegiatan membersihkan rumah bisa menjadi kesempatan untuk melakukan hal lain yang tidak memerlukan tangan kamu. 

Gunakan waktu bersih-bersih sebagai kesempatan untuk melakukan kegiatan lainnya, seperti mendengarkan musik, melakukan panggilan telpon dengan teman, atau mendengarkan podcast. 

Ini akan menghemat waktu kamu karena dapat melakukan hal-hal itu secara bersamaan. Dan itu mungkin dapat membuat kamu membersihkan rumah dengan lebih cepat.

Itulah 5 cara cepat membersihkan rumah menurut para ahli. Membersihkan rumah mungkin akan terlihat menghabiskan banyak waktu, tapi kamu akan merasa senang apabila sudah selesai dengan tugas rumah kamu—dan dengan tips ini, kamu pasti akan melakukannya lebih cepat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak