facebook

5 Tips Menghadapi Masalah Keuangan Keluarga, Cari Penghasilan Tambahan

Zulfah Ariyani
5 Tips Menghadapi Masalah Keuangan Keluarga, Cari Penghasilan Tambahan
Ilustrasi pasangan. [Freepik]

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga tentu ada beberapa ujian yang harus kamu hadapi. Ujian tersebut pun beragam, ada yang berupa ujian kesetiaan, ataupun juga masalah ekonomi. Jika kamu sedang dihadapkan pada masalah ekonomi keluarga yang tidak stabil, jangan berkecil hati. Kamu dan pasangan pasti akan bisa melewati ujian tersebut. Agar kamu tetap tenang melewati ujian tersebut, kamu dan pasangan harus bekerja sama agar bisa melewatinya.

Berikut 5 tips menghadapi masalah keuangan keluarga.

1. Jujur dan Terbuka kepada Pasangan

Sebagai pasangan sudah sepatutnya kalian harus saling terbuka dan jujur. Kamu dan pasangan bisa menceritakan apapun yang sedang kalian alami. Bukan hanya menceritakan hal yang berbau kesuksesan dan menyenangkan saja, namun hal yang tak mengenakkan pun harus diceritakan. Misalnya saja, kamu sedang mengalami krisis finansial maka kamu wajib menceritakan kepada pasangan. Hal ini bertujuan agar pasanganmu mengetahui dan bisa bersama-sama mencari solusi yang terbaik.

2. Bicarakan Secara Baik-baik

Masalah keuangan merupakan masalah yang sensitif untuk dibicarakan. Namun, kamu tetap harus membicarakannya dengan pasanganmu. Agar tidak timbul masalah baru, maka sebaiknya kamu mencari waktu yang tepat. Usahakan kamu dan pasangan sedang dalam mood yang bagus dan tidak sedang emosi. Dengan keadaan tersebut, maka kalian nantinya dapat berpikir jernih tentang jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Jika kamu telah berdiskusi dengan pasangan dan pasanganmu telah mengetahui keadaan ekonomi rumah tangga kalian yang sebenarnya, maka kamu bisa menawarkan diri untuk mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa mencoba memberikan solusi dengan bekerja secara freelance ataupun berjualan makanan sebagai job sampingan. Tak perlu malu ataupun takut mendapatkan komentar buruk dari orang lain, yang terpenting kamu tidak merugikan mereka. Kamu dan pasangan bisa saling support untuk membangun usaha sampingan tersebut.

4. Jangan Menambah Hutang

Berhutang mungkin akan jadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa di-cover dengan penghasilanmu. Namun, kamu perlu berpikir ulang jika memutuskan untuk berhutang. Dengan berhutang maka kamu akan memiliki beban baru. Kamu tidak menyelesaikan masalah yang kamu miliki saat ini, justru menambah masalah baru.

5. Buat Komitmen Baru

Setelah kamu merasa kondisi finansialmu membaik, kamu dan pasangan perlu melakukan evaluasi kembali bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik. Kamu bisa melakukan evaluasi pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Ingatlah bahwa jika kamu selalu boros dan tidak bisa mengatur pendapatan, maka kesulitan ekonomi akan selalu menghantui kehidupan pernikahan kalian. 

Masalah dalam rumah tangga sangat wajar terjadi. Untuk itu, kamu dan pasangan tak perlu menyalahkan satu sama lain. Sebaliknya kalian harus bisa bekerja sama mencari solusi agar bisa keluar dari permasalahan tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak