facebook

4 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mengurangi Stres di Tempat Kerja

Calvin Vadero
4 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mengurangi Stres di Tempat Kerja
Ilustrasi seseorang yang sedang mengalami kecemasan.(Unsplash.com)

Apakah perasaan cemas cenderung muncul tiba-tiba saat kamu sedang bekerja? Apakah kamu sering merasa gugup hanya dengan memikirkan ribet nya pekerjaan?  Jika kecemasan kamu berada pada pekerjaan, kamu mungkin mengalami kecemasan di tempat kerja, juga dikenal sebagai stres kerja. Dan kamu pasti tidak sendirian.

Disadur dari healthline.com, hampir 83 persen responden merasa terkuras secara emosional dari pekerjaan mereka dan hampir 9 dari 10 pekerja melaporkan bahwa stres kerja mempengaruhi kesehatan mental mereka.

Tentu saja, kamu tidak hanya mengalami kecemasan di kantor saja, kamu bisa mengalami kecemasan di tempat lain seperti di rumah atau ketika kamu sedang di cafe.

Melalui artikel ini kamu akan menemukan cara untuk mengurangi dan mengelola stres di tempat kerja. Kecemasan di tempat kerja bisa terasa luar biasa dan tak henti-hentinya. Namun dengan beberapa langkah kecil, kamu dapat berhasil mengatasinya.

Berikut 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi stres di tempat kerja.

1. Berolahraga

Berolahraga tidak hanya menyehatkan jasmani tetapi juga rohani. Disadur dari wmnlife.com, selama dan setelah berolahraga, tubuh melepaskan neurotransmiter yang menenangkan yang menciptakan perasaan sejahtera secara keseluruhan.

Berolahraga sebelum bekerja dapat membantu tubuh kamu mengatasi situasi di tempat kerja yang dapat menyebabkan kecemasan, dan olahraga setelah bekerja dapat membantu menempatkan kamu dalam pola pikir yang berbeda di mana Anda dapat mengatasi perasaan cemas yang berlebihan.

2. Cari tahu pemicunya

Pemicu stres kerja tidak selalu jelas. Kamu bisa menulis kapan-kapan saja kamu mengalami cemas ketika di tempat kerja. Mungkin kamu sering merasa gugup dan mual sebelum rapat tim mingguan, atau kamu kesulitan berkonsentrasi pada apa pun setelah bertemu dengan rekan kerja tertentu. Mengidentifikasi situasi spesifik yang meningkatkan tingkat stres dapat membantu kamu menemukan strategi terbaik untuk menanganinya ke depan.

3. Tingkatkan waktu kamu  jauh dari pekerjaan

Berusahalah untuk menciptakan kehidupan yang penuh dengan hubungan, acara, dan aktivitas di luar pekerjaan yang memberi kamu kegembiraan, kedamaian, dan kebahagiaan. Disadur dari worklifefeed.com, dengan memiliki  kehidupan yang memuaskan di luar pekerjaan kamu dapat meminimalkan dampak stres terkait pekerjaan itu, membangun ketahanan kamu di saat stres. Untuk memulai hal ini kamu cukup mengingat orang, tempat, dan hiburan yang membuat kamu senang dan tenang.

4. Ciptakan ruang yang aman dan menenangkan

Jika kamu memiliki ruang kerja, kamu dapat membuat tempat yang menawarkan pelipur lara selama situasi stres atau memicu kecemasan. Misalnya,  kamu dapat menggantung foto keluarga, meletakkan beberapa mainan,  atau menambahkan diffuser dengan minyak esensial, seperti lavender yang menenangkan.

Itulah 4 cara untuk mengurangi stres di tempat kerja. Semoga stres yang kamu alami dapat hilang atau berkurang. Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak