facebook

Jangan Buru-Buru Tidur, Coba 6 Kegiatan Produktif Usai Salat Tarawih Ini!

Rizal Khoirul Huda
Jangan Buru-Buru Tidur, Coba 6 Kegiatan Produktif Usai Salat Tarawih Ini!
Ilustrasi Berdoa/ Alquran (Unsplash/Faseeh Fawaz )

Bulan Ramadan adalah kesempatan untuk membuat diri ini semakin produktif dengan melakukan berbagai kegiatan bermanfaat.

Beraktivitas di bulan suci bisa dilakukan kapan saja termasuk pada saat setelah salat tarawih. Di bawah ini ada beberapa kegiatan yang bisa mengisi waktu luang serta meningkatkan produktivitas sebelum tidur.

1. Tadarus Al Quran

Salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan setelah salat tarawih adalah tadarus Al-Qur’an. Kamu dapat mengikuti kegiatan tadarus yang biasanya diselenggarakan oleh pihak pengelola masjid di daerah sekitarmu atau bisa juga melakukannya secara mandiri. 

Bulan Ramadan adalah saat dimana pahala ibadah dilipatgandakan. Untuk memaksimalkannya maka salah satu kegiatan yaitu tadarus Al Qur’an. Tadarus memberikan banyak manfaat antara lain menambah hafalan surat, meningkatkan kualitas bacaan hingga menambah pengetahuan tentang Islam.

2. Mengerjakan tugas sekolah

Bagi kamu yang masih bersekolah, baiknya menggunakan waktu luang sehabis salat tarawih untuk mengerjakan tugas sekolah. Selain ibadah, mencari ilmu dengan mengerjakan tugas juga merupakan keutamaan sebagai seorang muslim seperti tercantum dalam QS Al Mujadilah ayat 11 yang memiliki arti :

Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman dan diberi ilmu di antara kalian beberapa derajat

Selain merupakan kewajiban sebagai seorang muslim, mengerjakan tugas sekolah di saat luang juga bermanfaat agar tugas cepat selesai sehingga lebih siap mengikuti pelajaran di sekolah. 

3. Meneruskan urusan pekerjaan

Sementara bagi yang sudah meniti karier di dunia kerja, waktu luang sehabis salat tarawih dapat digunakan untuk meneruskan urusan pekerjaan. Kegiatan yang dapat dilakukan tergantung jenis pekerjaan yang sedang dijalani.

Ambil contoh seorang guru dapat menyusun rancangan dan media pembelajaran, pekerja pemasaran mesin dapat melakukan pengecekan terhadap barang yang akan dibeli, hingga yang berkecimpung di online shop dapat mempersiapkan pesanan barang.

4. Olahraga ringan

Dilansir Hellosehat, waktu setelah berbuka puasa merupakan saat yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan. Hal ini dikarenakan setelah berbuka tubuh mendapatkan asupan energi dari makanan dan minuman.

Jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah yang memiliki intensitas ringan sampai sedang. Ambil contoh seperti berjalan, peregangan, gerakan plank dan lain sebagainya. Dilansri Alodokter, berolahraga malam hari sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur serta menjernihkan pikiran.

5. Berbincang dengan keluarga

Waktu luang setelah tarawih dapat kamu lakukan untuk bercengkerama atau mengobrol dengan keluarga. Hal ini karena waktu menjelang tidur merupakan saat dimana kamu bisa bersantai sejenak. Kamu bisa melakukan obrolan tentang kegiatan sekolah, pekerjaan, hingga soal ibadah.

Dikutip dari Hellosehat, berbincang dengan keluarga dapat memberikan dampak positif seperti mempererat hubungan orang tua dan anak, membuat setiap anggota keluarga merasa diharga, membantu melatih kemampuan berkomunikasi hingga mengembangkan kepercayaan diri.

6. Nonton film

Kegiatan selanjutnya yang dapat kamu lakukan sehabis salat tarawih adalah menonton film. Setelah menjalani berbagai aktivitas serta ibadah puasa, waktu luang yang kamu dapat dapat digunakan untuk refreshing pikiran dengan menyaksikan film.

Mengingat sedang bulan Ramadan, kamu dapat menonton film bertemakan Islam untuk menambah pengetahuan agama. Kamu juga bisa memilih genre lain sesuai selera. Menonton film dapat menghilangkan stres, menambah inspirasi, hingga menambah pengetahuan.

Keenam kegiatan di atas dapat kamu lakukan agar waktu luangmu setelah Salat Tarawih tetap terisi dengan kegiatan produktif. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak