facebook

Yuk, Kenali 7 Jenis Minuman Kopi Populer Ini, Biar Gak Salah Beli!

Agustina Rahma
Yuk, Kenali 7 Jenis Minuman Kopi Populer Ini, Biar Gak Salah Beli!
Ilustrasi minuman kopi (Pexels.com/Anna Urlapova)

Kopi menjadi salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat di dunia. Bagi sebagian besar orang, meminum kopi di pagi hari merupakan sebuah ritual wajib sebelum memulai aktivitas. Begitu pula saat malam hari, kopi sering dijadikan teman begadang atau lembur agar tidak mengantuk.

Minuman berbahan dasar biji kopi ini gak hanya dikonsumsi oleh orang dewasa, lho. Munculnya modern coffee shop di mana-mana membuat segmentasi penikmat kopi meluas, mulai dari remaja, kawula muda, hingga orang dewasa. Bahkan, nongkrong dan nugas sampil ngopi di kafe sudah jadi tren belakangan ini.

Modern coffee shop sendiri banyak menawarkan beragam jenis minuman kopi. Americano, Espresso, Latte, dan Cappucino adalah beberapa yang paling populer. Kalu kamu pecinta kopi pasti sudah tidak asing dengan empat jenis kopi tersebut. Tapi, bagi kamu peminum kopi kasual mungkin sedikit bingung dengan hal itu. 

Biar gak salah beli, penulis bakal mengajak kamu untuk mengenali 7 jenis minuman kopi paling populer menurut laman rd.com. Informasi ini juga bisa kamu jadikan referensi apabila bingung ingin memesan jenis kopi apa. 

1. Americano

Ilustrasi americano (Unsplash.com/Blake Wisz)
Ilustrasi americano (Unsplash.com/Blake Wisz)

Sebagaian besar orang pasti tahu jenis minuman kopi yang satu itu. Americano memiliki rasa yang hampir mirip dengan kopi hitam. Terbuat dari espresso shot yang diencerkan dalam air panas. Meski demikian, americano seringkali disajikan dalam kondisi dingin dengan ditambah es.

2. Latte

Ilustrasi latte (Unsplash.com/Olivia Anne Snyder
Ilustrasi latte (Unsplash.com/Olivia Anne Snyder

Latte menjadi minuman kopi paling popler di seluruh dunia. Minuman ini terbuat dari segelas espresso dan susu dengan ditambah busa di atasnya. Selain dapat dipesan dalam bentuk original, kamu juga bisa menambahkan bumbu perasa, seperti vanila dan labu di dalamnya, lho. Jika masih bingung bagaimana penampakannya, latte biasa disajikan dalam pola atau bentuk tertentu (latte-art). 

3. Cappucino

Ilustrasi cappucino (Pexels.com/Porapak Apichodilok)
Ilustrasi cappucino (Pexels.com/Porapak Apichodilok)

Cappucino merupakan latte dengan komposisi busa yang lebih banyak daripada susu. Biasanya, barista akan menambahkan taburan bubuk kakao atau kayu manis di atasnya. Kamu juga bisa request menggunakan krim sebagai pengganti susu atau menambahkan perasa. Cappucino menjadi minuman kopi trandisional di Italia. 

4. Espresso

Ilustrasi espreso Foto (Pexels.com/Igor Starkov)
Ilustrasi espreso Foto (Pexels.com/Igor Starkov)

Jenis minuman kopi ini bisa kamu pesan langsung. Namun, biasanya espreso dijadikan sebagai bahan dasar minuman kopi lainnya, seperti tiga jenis yang telah dijelaskan sebelumnya. Espresso sama sekali tidak menambahkan campuran apapun, seperti susu dan gula. Jadi, cocok bagi kamu yang suka dengan rasa kopi yang strong. Tekstur kopinya pekat dan hitam dengan sedikit buih putih di atasnya.

5. Macchiato

Ilustrasi macchiato (Pixabay.com/Alexas)
Ilustrasi macchiato (Pixabay.com/Alexas)

Ada dua jenis macchiato, yaitu short dan long. Short macchiato merupakan singgle shot espresso dengan tambahan sedikit susu dan busa untuk meredam rasa espresso yang kuat. Sedangkan, long macchiato menggunakan doube espresso. Dibutuhkan kompoisis kopi dan susu dengan perbandingan 4:1 untuk menghasilkan machiatto yang nikmat.

6. Moka

Ilustrasi Moka (Pixabay.com/Holger Langmaier)
Ilustrasi Moka (Pixabay.com/Holger Langmaier)

Moka dibuat dari perpaduan antara cokelat, espresso, dan susu yang dicampur menjadi satu. Orang Eropa sering menyebut jenis minuman ini dengan sebutan mochachino. Bagi kamu pecinta cokelat dijamin bakal jatuh cinta dengan minuman kopi yang satu ini.

7. Affogato

Ilustrasi affogato (Pexels.com/Sarah Li)
Ilustrasi affogato (Pexels.com/Sarah Li)

Minuman ini terbuat dari campuran espresso yang pahit ditambah es krim vanilla yang segar. Affogato bisa menjadi alternatif bagi kamu yang menyukai rasa unik dari perpaduan espresso yang kuat dan es krim yang manis. Jangan lupa untuk memesan brownis sebagai teman ngopi, ya. Di Eropa, affogato biasa dijadikan sebagai sajian pencuci mulut selama musim panas saat makan malam. 

Itu dia tujuh jenis minuman kopi terpopuler yang bisa kamu temui di setiap modern coffee shop. Dari ketujuh jenis minuman kopi di atas, mana nih yang jadi andalamu? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak