facebook

Ingin Jadi Anak Berbakti? Ikuti 4 Tindakan Sederhana untuk Bahagiakan Orangtua

Riva Khodijah
Ingin Jadi Anak Berbakti? Ikuti 4 Tindakan Sederhana untuk Bahagiakan Orangtua
Ilustrasi orangtua (Pexels.com/Tristan Le)

Ada banyak pengorbanan yang sudah dilakukan orangtua terhadap anaknya. Misalnya, seorang ibu sudah mempertaruhkan nyawanya demi anaknya lahir dengan selamat. Seorang ayah rela berlelah-lelah dengan pekerjaannya demi menafkahi keluarganya.

Sudah sepantasnya sebagai anak untuk berbakti pada orangtua. Hal itu gak mesti dilakukan dengan ribet, kok, atau mesti memberi mereka barang-barang mahal. Berikut contoh tindakan sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membahagiakannya.

1. Meminta pendapatnya

Orangtua terkadang sadar diri bila ia gak sepintar kamu atau memakan bangku pendidikan setinggi anak-anaknya. Meski begitu, jangan remehkan pengalaman hidup yang sudah mereka lalui, lho. Hal tersebut termasuk sumber pembelajaran yang patut kamu syukuri.

Cobalah ketika hendak memutuskan sesuatu meminta pendapat orangtua terlebih dahulu. Siapa tahu mereka bisa memberi sudut pandang berbeda dan membuatmu mampu memutuskan dengan lebih baik.

Saat anaknya yang pintar meminta pendapat, mereka senang, lho. Itu tandanya kamu menghargai mereka sebagai orangtuamu.

2. Sering mengunjunginya

Bila kamu sudah punya keluarga sendiri dan hidup terpisah dari orangtua, cobalah sering-sering berkunjung. Justru di masa tua ini mereka rentan merasa kesepian. Sehingga kunjungan dari anak-anak serta cucunya seperti pengobat kerinduan dan membuat hidup mereka tak lagi suram.

3. Sering meneleponnya

Jika mengalami kendala untuk mengunjungi orangtua sering-sering, misalnya jarak tempat tinggal kalian yang jauh. Maka, kamu bisa sering-sering meneleponnya. Apalagi di zaman sekarang bisa melakukan video call.

Walaupun tidak bisa melihat wajah anaknya langsung, orangtua sudah senang, lho, bisa melihat wajahmu lewat ponsel.

4. Sisihkan sedikit penghasilanmu untuk mereka

Kalaupun kondisi finansialmu belum begitu lapang, niatkan untuk tetap menyisihkan sebagian kecil untuk orangtua. Apalagi bila kondisi keuangan orangtuamu belum berkecukupan.

Walaupun mereka gak meminta, tapi mestinya sebagai anak kamu harus lebih peka. Yakinlah rezeki yang kamu sisihkan untuk orangtua akan diganti berlipat-lipat oleh Tuhan.

Nah, itu dia beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan orangtua. Mumpung mereka masih ada, bahagiakanlah mereka. Jangan sampai menunggu menyesal ketika mereka sudah tiada.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak