facebook

Meski Tak Bergelimang Harta, Ini 5 Alasan Kamu Tetap Bisa Bersyukur

Zulfah Ariyani
Meski Tak Bergelimang Harta, Ini 5 Alasan Kamu Tetap Bisa Bersyukur
Ilustrasi bersyukur. (Freepik)

Belakangan ini tren pamer harta kekayaan marak dilakukan di media sosial. Mereka khususnya generasi milenial seolah berlomba-lomba memperlihatkan harta dan barang branded yang dimiliki. Untungnya kamu tidak terpengaruh tren tersebut. Kehidupan yang kamu miliki saat ini mungkin berbeda jauh dengan orang-orang yang kamu lihat di sosial media. Namun, kamu tidak merasa insecure justru sangat bersyukur dengan kehidupanmu saat ini. Karena dalam kehidupanmu sekarang kamu telah memiliki banyak hal yang membuatmu merasa cukup untuk selalu bersyukur.

Berikut ini 5 alasan kamu tetap bisa bersyukur meskipun tidak bergelimang harta.

1. Kamu Telah Memiliki Pekerjaan yang Baik

Hal pertama yang bisa membuatmu bersyukur saat ini adalah pekerjaan yang kamu miliki. Kamu merasa sangat nyaman dan puas menjalani pekerjaanmu meskipun gajimu tidak terlalu besar. Namun, kamu sadar bahwa yang terpenting adalah kenyamanan. Dari gajimu tersebut kamu juga tetap bisa membiayai hidupmu, bukan? 

2. Memiliki Hubungan Baik dengan Orang Lain

Meskipun kamu tidak kaya raya dan punya banyak harta, namun kamu memiliki banyak teman. Sifatmu yang ramah dan sopan membuat orang lain nyaman bergaul denganmu. Kamu tetap bisa bersyukur karena kamu memiliki hubungan baik dengan orang lain. Hubunganmu dengan orang lain jarang terjadi konflik. Bahkan kamu seolah tak punya lawan karena semua berteman baik denganmu.

3. Rezeki Tak Hanya Sebatas Harta

Kamu sadar betul bahwa saat ini kamu telah dilimpahi banyak rezeki. Meskipun kehidupan yang kamu miliki sangat sederhana, namun kamu telah mendapatkan rezeki dalam beragam bentuk. Mulai dari rezeki kesehatan, kebahagiaan, dan sebagainya. Kamu menganggap semua yang membuat hidupmu nyaman dan berjalan lancar adalah suatu rezeki.

4. Merasa Cukup dengan Penghasilanmu

Meskipun penghasilan yang kamu miliki saat ini tergolong rendah di mata orang lain, namun kamu tetap bisa bersyukur. Kamu sadar bahwa besar kecilnya penghasilan merupakan hal yang relatif. Dengan gaji yang tergolong kecil tersebut nyatanya kamu bisa mencukupi semua kebutuhanmu. Bahkan kamu bisa sedikit menabung dan juga terhindar dari hutang.

5. Fokus pada Diri Sendiri

Kamu bukan tipe orang yang sering memantau kehidupan orang lain di media sosial. Kamu tidak akan menghabiskan waktu hanya untuk scrolling media sosial. Sikap yang seperti ini akan membuat kamu lebih fokus pada diri sendiri dan lebih mudah bersyukur. Kamu tahu bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak.

Bersyukur merupakan cara paling tepat untuk mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup. Maka kamu tak perlu silau oleh kekayaan orang lain dan tetaplah mensyukuri kehidupanmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak