facebook

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dibicarakan saat Lebaran

Desyta Rina Marta Guritno
5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dibicarakan saat Lebaran
Ilustrasi momen bersama keluarga (Pixabay.com/bridgesward)

Momen lebaran adalah yang ditunggu-tunggu setelah sebulan berpuasa, di mana di momen tersebut keluarga besar berkumpul dan saling bermaafan. Nah, di momen yang bahagia seperti ini ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dibicarakan, hal tersebut ditakutkan malah akan membuat orang lain merasa tersinggung.

Pastinya kita ingin hal itu terjadi, apalagi baru saja meminta maaf. Berikut ini adalah 5 hal yang seharusnya tidak dibicarakan saat momen lebaran.

1. Bentuk Badan

Ini yang sering kita temui saat momen lebaran datang, tujuan orang mengomentari bentuk badan mungkin hanya untuk basa-basi. Akan tetapi hal ini justru bisa membuat orang lain merasa tersinggung, khususnya perempuan yang sensitif dengan permasalahan bentuk badan. Jadi, usahakan untuk tidak basa-basi dengan memberi komentar pada tubuh seseorang ya.

2. Pakaian

Bayangkan kalau baju yang telah kamu siapkan untum lebaran tiba-tiba mendapat komentar miring dari orang lain, pasti kamu merasa tersinggung bukan? Oleh sebab itu, berilah komentar positif atau apresiasi pada orang lain tentang pakaiannya di hari lebaran, terlepas bagaimana pandangan pribadimu tentang pakaian tersebut.

3. Pencapaian Seseorang

Pertanyaan seperti ini cenderung akan membuat perasaan orang lain menjadi tidak senang apabila dia belum mendapatkannya. Justru pertanyaan ini terkesan memojokkan orang tersebut. Jadi, usahakan untuk tidak bertanya secara langsung tentang hal ini kalau dia tidak bercerita.

4. Kapan Nikah?

Menanyakan kapan seseorang akan menikah atau membawa calonnya ke keluarga memang tidak ada salahnya, akan tetapi tidak semua orang suka diberi pertanyaan seperti ini. Kapan menikah merupakan privasi masing-masing orang dan terkesan tidak baik kalau kita bertanya secara terang-terangan.

5. Riasan

Ini berlaku untuk kaum hawa, siapa sih wanita yang suka riasannya dikomentari negatif? Kalaupun ingin berkomentar, berusahalah untuk menggunakan bahasa yang tepat sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain. Kalau perlu, bagaimanapun riasan tersebut, pujilah dan beri apresiasi.

Itulah 5 hal yang sebaiknya tidak dibicarakan pada saat momen lebaran, jangan sampai momen bahagia itu menjadi tidak nyaman karena bahasan-bahasan tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak