facebook

4 Kebiasaan yang Justru Mematikan Kreativitasmu, Harus Dihindari!

Rizki Putra
4 Kebiasaan yang Justru Mematikan Kreativitasmu, Harus Dihindari!
Ilustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang tentunya memiliki sisi kreatifnya masing-masing. Hal tersebutlah yang bisa membedakan antara satu orang dengan yang lainnya. Namun sayangnya, kreativitas bisa hilang karena melakukan sesuatu hal yang cenderung berdampak negatif pada diri sendiri. Maka dari itu, hindarilah beberapa kebiasaan berikut ini agar tidak mematikan kreativitasmu.

1. Manajemen waktu yang buruk

Manajemen waktu pastinya sangatlah berpengaruh terhadap kreativitas diri seseorang. Suatu ide akan sulit mengalir ketika pola hidupmu yang berantakan. Maka dari itu, mengelola waktu yang baik sangat diperlukan.

Selain itu, agar menghindari kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan. Bagaimana bisa produktif berkarya, kalau tugas wajibmu tidak bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

2. Melalaikan kondisi kesehatan

Kreativitas tentu dapat mengalami penurunan, jika kondisi kesehatan yang sedang tidak baik. Tidak hanya kesulitan berpikir, tapi juga ketika kondisi sedang sakit akan terasa berat melakukan rutinitas seperti biasanya.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran tidak menerapkan pola hidup yang sehat. Selain Itu bukan hanya kondisi fisik tubuh saja yang terkena dampaknya, namun kesehatan mental akan terkena imbasnya.

3. Mudah ragu lantaran takut gagal

Kalau sudah kebiasaan ragu ketika mengambil keputusan, memang menjadi penghambat ingin mengambil langkah maju. Hal tersebut terjadi karena ada rasa takut jika mengalami kegagalan.

Dengan begitu, kamu lebih cenderung belum berani mengambil risiko yang lebih besar yang ada di depan mata. Alhasil, membuat kamu jadi tidak bisa unjuk gigi menampilkan kreativitasmu.

4. Suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Kebiasaan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, tentunya tidak memberi dampak positif terhadap hidupmu. Sebab, yang ada dalam fokusmu selalu tertuju mengikuti standar hidup orang lain dan menghambat kreativitas yang kamu miliki.

Bukannya menggunakan kreativitas diri, justru membuatmu jadi terjebak suka meniru orang lain. Hal tersebut terjadi karena kamu kerap kali berpikir bahwa cara yang dilakukan orang lain jauh lebih baik dan langkah yang kamu lalui tidak akan bisa melampaui mereka.

Itulah empat kebiasaan agar tidak mematikan kreativitasmu. Pada dasarnya, setiap orang memiliki kreativitasnya tanpa batas. Namun, kreativitas juga bisa terhenti kalau kamu melakukan beberapa kebiasaan seperti yang ada di atas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak