facebook

4 Manfaat Jika Kita Menghargai Toleransi Umat Beragama

Juandi Manullang
4 Manfaat Jika Kita Menghargai Toleransi Umat Beragama
Ilustrasi toleransi beragama. (Shutterstock)

Dalam kehidupan ini, kita memiliki agama yang berbeda-beda dan juga hidup dalam kemajemukan. Dalam kehidupan ini, kita harus mengetahui bahwa sering sekali terjadi pertengkaran antar agama yang disebabkan oleh hal-hal tertentu. Oleh sebab itu, sangat penting kita harus menghargai kepercayaan atau agama orang lain agar kita hidup dalam damai dan tidak bertengkar atas nama agama. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui manfaat dari bertoleransi antar umat beragama, berikut empat manfaatnya.

1. Hidup dalam kedamaian

Manfaat pertama adalah hidup dalam kedamaian. Ketika kita mau bertoleransi dalam hidup beragama maka hidup akan sangat damai. Kita akan merasakan betapa indahnya hidup berdampingan. Karena itu, tidak ada kata bertengkar antar umat beragama. Kita harus mau bertoleransi demi kedamaian bersama. Negara ini adalah negara kita yang harus diselamatkan dan dicegah dari aksi yang berbahaya.

2. Menjaga persatuan dan kesatuan

Manfaat kedua adalah menjaga persatuan dan kesatuan. Kita harus tahu bahwa bertoleransi antar umat beragama adalah penting karena kitalah tonggak persatuan dan kesatuan bangsa dan tonggak kemajuan negara. Oleh karena itu, dengan bertoleransi maka kita bisa bersatu untuk membangun negara ini lebih baik.

3. Komunikasi antar masyarakat semakin baik

Manfaat ketiga adalah komunikasi antar masyarakat semakin baik. Dengan hidup bertoleransi maka komunikasi kita juga akan baik. Harus kita akui bahwa dengan adanya komunikasi maka tidak akan ada pertengkaran. Antar umat beragama memang penting Menjalin komunikasi yang baik karena sesama anak bangsa.

4. Memajukan bangsa dan negara kearah yang lebih baik

Manfaat terakhir adalah memajukan bangsa dan negara kearah yang lebih baik. Harus kita akui bahwa toleransi umat beragama akan membantu kita untuk memajukan bangsa dan negara.

Jika kita bisa berdamai dengan berbeda agama maka akan banyak ide-ide baru, inovasi baru yang akan lahir dari pemikiran kita masing-masing. Jika itu gaduh maka kehancuran yang akan terjadi.

Oleh sebab itu, dengan adanya empat manfaat bertoleransi antar umat beragama tersebut, semoga menyadarkan kita untuk tidak berbuat buruk terhadap agama lain yang berbeda dengan kita tetapi harus saling merangkul satu dengan lainnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak