facebook

Catat! 5 Hal yang Perlu Disiapkan saat Mudik Biar Aman dan Nyaman

Shibgho Faza
Catat! 5 Hal yang Perlu Disiapkan saat Mudik Biar Aman dan Nyaman
Ilustrasi Mudik dengan Kendaraan Pribadi. (Dok. Allianz Indonesia)

Mudik merupakan salah satu tradisi yang sering dilakukan masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idulfitri. Pada tahun 2022 ini pemerintah tak lagi mengeluarkan aturan larangan mudik, sehingga masyarakat berbondong-bondong mudik untuk berjumpa dan berkumpul bersama keluarga tercinta dikampung halamanya.

Meski ada berbagai macam cerita dan pengalaman saat mudik, namun hal tersebut tak mengurungkan niat masyarakat untuk tetap mudik.

Berikut ini 5 hal yang perlu disiapkan saat akan mudik agar perjalanan aman dan nyaman.

1. Cek Kondisi Kesehatan Kendaraan dan Diri Sendiri

Ilustrasi mudik (pexels)
Ilustrasi mudik (Pexels.com)

Hal pertama yang dilakukan saat akan mudik yaitu memeriksa kondisi kesehatan tubuh diri sendiri maupun kendaraan. Jika kamu akan mudik membawa kendaraan pribadi, maka sangat penting untuk memeriksakan kondisi mobil terlebih dahulu.

Begitupun dengan kondisi kesehatan, terutama jika kamu akan menyetir sendiri dan menempuh perjalanan jauh. Kondisi kesehatan yang baik sangat diperlukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Siapkan Aplikasi yang Dibutuhkan

Ilustrasi mudik (pexels)
Ilustrasi mudik (Pexels.com)

Dalam perjalanan mudik pasca pandemi ini terjadi sedikit perubahan, mulai dari harus menyiapkan berkas kesehatan dan aplikasi lain yang berkaitan.

Saat akan mudik kamu perlu menyiapkan beberapa aplikasi seperti aplikasi pengarah jalan, aplikasi PeduliLindungi dan aplikasi pembayaran elektronik untuk pemesanan tiket kapal atau yang lainnya. Di era digital ini sudah jarang sekali transaksi dilakukan manual.

3. Siapkan Kotak P3K

Ilustrasi kotak P3K (Pexels)
Ilustrasi kotak P3K (Pexels.com)

Tak boleh ketinggalan juga, saat akan mudik kamu perlu menyiapkan kotak P3K dan obat-obatan. Hal ini diperlukan untuk antisipasi dan pertolongan pertama saat sakit atau yang lainnya. 

4. Perhatikan Kecukupan BBM dan Saldo Tol

Ilustrasi mudik (pexels)
Ilustrasi mudik (Pexels.com)

Jika kamu mudik dengan perjalanan darat dan menggunakan kendraan pribadi kecukupan bahan bakar minyak dan saldo tol harus diperhatikan. Apalagi saat ini terjadi kelangkaan bbm seperti solar dan membludaknya kendaraan saat mudik.

Selain itu, saldo tol yang cukup juga harus diperhatikan guna mencegah terjadinya kemacetan di pintu tol. Kamu terlebih dahulu bisa memastikan berapa saldo tol yang dibutuhkan untuk dapat menempuh perjalanan kedaerah tujuan.

5. Perhatikan Barang Bawaan

Ilustrasi mudik (pexels)
Ilustrasi mudik (Pexels.com)

Bagi kamu yang membawa keluarga dan anak-anak, barang bawaan dan segala keperluan saat perjalanan sangat perlu diperhatikan. Kamu dapat membawa barang dengan cukup dan tidak melebihi kapasitas. Sementara segala perlengkapan kebutuhan dijalan juga jangan sampai ketinggalan.

Mempersiapkan segala kemungkinan dan berjaga-jaga saat akan mudik dapat menjadi pertimbangan agar perjalanan mudik lancar dan aman.

Nah, itulah sederet hal yang perlu dipersiapkan menjelang mudik. Apakah kamu sudah melakukannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak