facebook

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Terus Mengeluh saat Ada Masalah yang Datang

🌸🌸Lily 🌸🌸
5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Terus Mengeluh saat Ada Masalah yang Datang
Ilustrasi mengeluh (Pexels.com/Andrea Piacquadio).

Masalah pasti akan selalu ada selama kita masih hidup. Saat satu masalah terselesaikan, seringkali akan muncul masalah baru seperti sedang mengantri untuk bergantian menguji kita. Alhasil, banyak dari kita akan mulai mengeluh tentang beratnya masalah hidup. Seolah menjadi orang yang memiliki masalah paling berat, gak jarang keluh kesah terus saja terucap.

Sebelum menjadi pribadi yang hanya terus mengeluh tanpa henti, yuk coba pikirkan beberapa alasan berikut ini lebih dulu.

1. Mengeluh hanya akan menunjukkan bahwa kamu gak punya rasa syukur

Meski manusiawi, tapi mengeluh juga menjadi tanda kalau kita kurang memiliki rasa syukur atas setiap hal yang sudah dimiliki. Alih-alih mengeluhkan masalah yang dialami, menghitung kebaikan hidup yang sudah kita peroleh akan jauh lebih menenangkan hati dan pikiran, lho. Ketika kita sudah dapat lebih bersyukur, tanpa sadar masalah yang ada tidak lagi menjadi beban yang terlalu berat.

2. Mengeluh gak akan mendatangkan solusi untuk setiap masalahmu 

Satu hal yang pasti, mengeluh gak membuat masalah yang sedang kita alami akan langsung selesai. Pasalnya, beban justru semakin terasa berat saat semakin banyak mengeluh. Bukannya menemukan solusi, tapi masalah akan terasa rumit seolah tak terselesaikan. Stop mengeluh dan fokus saja pada cara menangani masalahmu agar bisa temukan solusi terbaik.

3. Harimu gak bakal berubah lebih baik jika  terus berkeluh kesah 

Bukan hanya gak menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi, mengeluh juga membuat kita seperti jalan di tempat. Hari-hari yang berat gak akan berlalu jika kita hanya terus berkeluh kesah. Bahkan jika kita terus mengeluh sepanjang hari, semangat untuk menjalani hidup akan terasa menurun dan semakin berkurang. Duh!

4. Sesekali lihat juga semua yang sudah kamu raih dan miliki 

Dibanding terus mengeluhkan beban hidup, ada baiknya untuk melihat semua yang sudah kamu miliki sampai detik ini. Dalam setiap pencapaianmu pasti ada perjuangan yang gak mudah. Dari sini ada pelajaran yang kita dapat bahwa setiap masalah pasti ada solusinya dan setiap perjuangan pasti membuahkan hasil. Jika dulu bisa, kenapa sekarang malah terus mengeluh seakan gak mampu berjuang lagi?

5. Sebab boleh jadi orang lain sebenarnya mendambakan menjadi dirimu 

Pernah berpikir gak kalau apa yang sudah kamu miliki hari ini bisa saja menjadi impian orang lain? Terkadang saking sibuknya melihat ke atas, kita lupa untuk memerhatikan sekitar. Boleh jadi mereka mendambakan berada di posisi kita dengan segala pencapaian hidup yang sudah kita dapat. Bukannya iri, hanya saja mereka merasa hidup kita terlihat jauh lebih baik. 

Boleh saja jika kamu merasa kalau mengeluh bisa memberi kelegaan bagi hatimu. Namun, hal ini gak akan pernah bisa menjadi solusi untuk masalahmu. Stop mengeluh dan fokus pada penyelesaian masalah. Yuk, semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak