facebook

5 Tips Komunikasi agar Tampak Berkarisma di Depan Gebetan

Nurillah A.
5 Tips Komunikasi agar Tampak Berkarisma di Depan Gebetan
Ilustrasi komunikasi di depan gebetan (Pixabay, StockSnap)

Komunikasi adalah bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Ia adalah jembatan yang mempertemukan kita dengan orang lain. Namun, tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan baik. Hal ini disebabkan banyak hal. Misalnya, memiliki sifat pemalu, tidak bisa memulai perbincangan, atau salah merespon ucapan.

Tentu kemampuan komunikasi perlu dilatih, terutama jika tengah berkumpul bersama orang yang kita sukai. Disadur dari Your Tango, berikut 5 tips komunikasi agar tampak berkarisma di depan orang yang kita sukai:

1. Mendengarkan untuk Memahami, Bukan untuk Menanggapi

Selama ini, kita terlalu sibuk mendengarkan perbincangan orang dan mencari cela untuk kita berbicara. Jarang sekali kita betul-betul mendengarkan lawan bicara demi memahami apa yang ia ucapkan.

Jadi, mulailah dari sekarang untuk mengubah mindset semacam ini. Hindari mendengarkan perbincangan orang lain dengan tujuan mencari cela demi panggung kita berbicara.

2. Ajukan Pertanyaan

Jadilah orang yang tidak mudah membuat asumsi dan kesimpulan berdasarkan cerita yang didengar. Kita berhak bertanya untuk mengklarifikasi apabila ada yang kurang dipahami, alih-alih menyimpulkan sendiri.

3. Carilah Persamaan, Bukan Perbedaan

Orang bijak berkata sejak ribuan tahun lalu, “Ada lebih banyak hal yang mengikat kita daripada yang memisahkan kita.”

Carilah titik temu interaksi, alih-alih mencari perbedaan pembicaraan. Hal ini akan memberi kehangatan dalam perbincangan dan menghindari perdebatan yang tak bakal ada ujungnya.

4. Lepaskan Keinginan untuk Merenungkan Banyak Hal

Percayalah, kepala adalah tempat paling keras yang menyimpan banyak hal dan dari sanalah muncul keinginan dan beragam perasaan.

Apabila saat komunikasi ada gaya bicara orang lain yang ada di dekat gebetanmu yang membuatmu kesal, cobalah untuk menahan diri untuk merenung lalu menyimpulkan jika orangnya memang mengesalkan. 

Kadang gaya bicara orang tersebut merupakan cermin dari kehidupan sehari-hari dan bisa saja ke depannya, gaya bicaranya akan berubah menjadi lebih baik.

5. Konsisten

Konsistenlah dengan apa yang ingin kamu praktikkan dalam komunikasi. Bila tidak konsisten, maka perubahan tak kunjung datang.

Demikian 5 tips komunikasi agar tampak berkarisma di depan gebetan. Segera terapkan, yuk!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak