facebook

5 Sikap yang Disukai Banyak Orang Ketika Menjadi Teman Ngobrol, Kamu Termasuk?

Boy Silaban
5 Sikap yang Disukai Banyak Orang Ketika Menjadi Teman Ngobrol, Kamu Termasuk?
Ilustrasi ngobrol (pexels.com/WilliamFortunato)

Bertemu dengan orang baru bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Berjumpa dan bertemu dengan seseorang atau orang-orang baru memang bukan suatu hal yang mudah bagi beberapa orang apalagi jika bertemu dan mengharuskan untuk mengobrol. Tentunya hal bukanlah hal yang mudah. Berikut 5 tips agar menjadi lawan bicara yang disenangi oleh banyak orang.

1. Menunjukkan Kenyamanan dengan Bahasa Tubuh (Body Language) 

Tips pertama adalah body language atau gesture kamu saat berbicara. Tunjukkan gesture yang santai tanpa terlihat kaku dalam memulai pembicaraan. Apabila kamu kebingungan dalam menentukan topik dan pertanyaan dalam obrolan, setidaknya tunjukkan bahwa kamu nyaman berbicara dengannya dan fokuslah mendengarnya tanpa melakukan aktivitas lainnya. Dengan begitu, dia akan merasa dihargai dan secara langsung dia akan terus melanjutkan obrolan kalian.

2. Memberikan responss dan Tanggapan dari Obrolan

Salah satu hal yang penting dalam setiap obrolan khususnya obrolan bagi orang baru adalah dengan memberikan responss dan tanggapan. Perlu diingat, dalam memberikan respons dan tanggapan berilah responss dan tanggapan yang sederhana atau sekadar apresiasi atas aktivitas yang dia lakukan.

3. Memperluas Wawasan atau Pengetahuan

Akan lebih menarik apabila topik dalam obrolan membahas tentang seputar kejadian yang sedang terjadi. Misalnya, tentang politik, kesehatan, cuaca, dan lain sebagainya. Dengan begitu, topik dalam obrolan pasti akan lebih seru karena secara langsung tentu membutuhkan opini atau pandangan pribadi terhadap kejadian kejadian yang sedang berlangsung tersebut. Topik obrolan akan fokus dalam satu pembahasan tanpa melebar ke mana-mana. 

4. Menyimak Setiap Obrolan dan Memberikan Pertanyaan Sebagai respons atau Feedback

Menyimak setiap obrolan adalah hal yang penting, dengan begitu kamu akan dapat memberikan respons berupa pertanyaan atas apa yang dia katakan. Akan tetapi, akan lebih baik kamu memberikan respons apabila dia meminta tanpa memotong pembicaraan. Kamu juga harus ingat, berikanlah pertanyaan tentang apa yang sudah dia ceritakan. 

5. Nikmati Setiap Pembicaraan

Hal yang terakhir yang tidak kalah penting juga adalah tunjukkan bahwa kamu menikmati obrolan yang sedang kalian lakukan. Jangan pernah menunjukkan ketidaknyamanan dalam obrolan kamu dengan siapapun. Perlu kamu tahu bahwa mengobrol itu bukan hanya sekedar mengeluarkan kata kata saja akan tetapi, mengobrol juga pasti akan melibatkan perasaan.

Perasaan yang saya maksud, misalnya ketika kamu menunjukkan kenyamanan dalam mengobrol dengannya maka dia akan mersa dihargai dan merasa senang sehingga tidak menutup kemungkinan obrolan kalian akan terus berlanjut. 

Oleh karena itu, perlu membiasakan diri untuk berbicara dan sekedar melakukan pembicaraan kepada semua orang, baik dengan orang lama maupun dengan orang baru sekalipun karena hal itu dapat  melatih kamu menjadi terbiasa menjadi lawan bicara dalam setiap obrolan maupun pembicaraan.

Itulah lima tips agar menjadi lawan bicara yang disenangi banyak orang. Semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak