facebook

4 Alasan Sebaiknya Hindari Silent Treatment saat Kesal dengan Pasangan

Susanti ..
4 Alasan Sebaiknya Hindari Silent Treatment saat Kesal dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Di antara ciri hubungan asmara yang sehat adalah ada komunikasi yang terbuka antara pasangan. Sebagai contoh, ketika terjadi masalah maka dibicarakan baik-baik supaya permasalahannya itu bisa segera teratasi.

Sayangnya gak semua orang sadar akan hal itu. Gak sedikit yang memilih diam atau melakukan silent treatment ketika sedang kesal dengan pasangan. Berikut akan diulas beberapa alasan kenapa sebaiknya silent treatment dihindari dalam hubungan. Mari disimak!

1. Pasangan jadi merasa tidak dihargai

Bagaimana perasaanmu ketika dicuekin? Sakit hati, kan? Kendati kamu merasa pasangan sudah salah, tapi dengan mendiamkannya tanpa penjelasan apa pun itu bukanlah tindakan terpuji, lho.

Mendiamkan pasangan bisa membuat dia merasa gak dihargai, dan tentu saja ini akan menimbulkan luka yang nantinya jadi sandungan dalam hubungan asmara. Bukan tak mungkin luka itu akan terus membekas meski hubungan kalian sudah kembali normal seperti semula.

2. Termasuk bentuk manipulasi

Silent treatment bisa dibilang cara komunikasi yang kekanak-kanakan. Orang dewasa ketika gak sreg dengan perilaku seseorang pasti akan dibicarakan dengan baik supaya orang tersebut sadar.

Mendiamkan pasangan merupakan bentuk manipulasi, karena tanpa sadar kamu berusaha memaksakan apa yang kamu mau ke pasangan. Misalnya, kamu ingin dia minta maaf terhadapmu, meski dia masih belum tahu kesalahannya apa. Hal tersebut bukanlah bentuk komunikasi yang sehat, lho.

3. Membuat pasangan meragukan kelanjutan hubungan

Sering didiamkan bisa membuatnya berpikir ulang untuk melanjutkan hubungan. Gimana hubungan asmara bisa berkembang dan dijalani dengan baik kalau tiap ada masalah bukan diselesaikan dengan baik-baik, tapi malah dia dicuekin.

Siapa pun akan jengah bila terus-menerus diperlakukan seolah-olah gak dianggap penting. Dan itulah yang akan terjadi kalau kamu terbiasa melakukan silent treatment.

4. Permasalahan yang sama akan selalu menghantui

Hubungan asmara akan sulit berjalan harmonis apabila permasalahan yang sama selalu menghantui. Bagaimana enggak kalau tiap kali ada konflik bukan segera diatasi, tapi malah ngambek tanpa penjelasan apa-apa. Kalaupun pasangan minta maaf, dia gak paham kesalahannya apa dan besar kemungkinan di kemudian hari akan dilakukan lagi.

Dari uraian tadi, sekarang jadi tahu, ya, kalau silent treatment sebaiknya dihindari. Gak baik bagi kelanjutan hubungan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak