facebook

3 Kuliner Khas Bali yang Jadi Incaran Wisatawan, Tertarik Mencobanya?

Mericy setianingrum
3 Kuliner Khas Bali yang Jadi Incaran Wisatawan, Tertarik Mencobanya?
Ilustrasi ayam betutu Bali (Instagram.com/@betutukhasajik)

Semua orang pasti mengenal pulau Bali tidak hanya tempat wisatanya saja yang indah dan memanjakan mata. Bali juga terkenal dengan wisata kulinernya yang khas dan menjadi incaran bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara. 

Maka dari itu, ada banyak paket wisata di Bali yang menawarkan wisata kuliner sebagai kegiatan yang dapat dilakukan saat berkunjung ke pulau ini. 

Sebelum liburan ke Bali alangkah baiknya kita melihat apa saja menu makanan khas kota ini yang dijamin lezat dan menjadi incaran para wisatawan. 

1. Ayam Betutu

Kuliner ayam betutu ini adalah salah satu makanan khas Bali yang paling terkenal dan menjadi incaran para wisatawan yang datang berkunjung. 

Dalam bahasa Bali, betutu terdiri dari dua kata yaitu tutu yang artinya bakar dan be yang artinya daging. Sehingga ayam betutu mempunyai makna daging ayam yang dibakar seperti dalam proses pembuatannya. 

Cita rasa ayam betutu yang lezat ini karena dibuat dari bumbu base genep yakni kemiri, lengkuas dan lainnya serta dibakar dalam api sekam. 

Kita dapat menjumpai ayam betutu di berbagai tempat di Bali terutama yang paling terkenal yaitu ayam betutu Gilimanuk. Untuk harga satu porsi ayam betutu biasanya senilai Rp70.000 lengkap dengan nasi dan lauk pauk. 

2. Bebek Bengil

Makanan khas Bali yang lezat dan halal lainnya adalah bebek Bengil yang merupakan bebek goreng dari Ubud dengan menggunakan bumbu khas. 

Kemudian, bebek Bengil kerap disebut juga sebagai dirty duck atau bebek kotor karena mempunyai warna kecoklatan dan diberi bumbu yang khas di atasnya. 

Ciri khas dari Bebek Bengil ini adalah tekstur bebek yang renyah sampai ke tulang sehingga semua bagian bisa kita nikmati. 

Apabila berkunjung ke Bali wajib datang ke restoran Bebek Bengil di Ubud yang menyajikan kuliner khas ini dengan harga yang ramah di kantong. 

3. Sate Languan

Mungkin kita bisa mencoba versi lain dari sate lilit yang halal, sate Languan ini adalah pilihan yang tepat apabila berkunjung ke Bali. 

Pasalnya, sate Languan ini terbuat dari daging ikan seperti ikan tongkol atau ikan tenggiri. 

Cara membuatnya pun tidak jauh berbeda dengan sate lilit dimana daging dicincang halus bersama parutan kelapa lalu dibumbui dan dililitkan. 

Rasa daging ikan yang lembut memberikan sensasi berbeda saat digigit dan seperti lumer di mulut.

Kita bisa menikmati sate Languan ini di Kabupaten Klungkung dengan harga Rp20.000 per tusuknya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak