facebook

4 Topik Obrolan yang Bisa Merusak Citra Diri Sendiri, Hindari!

Susanti ..
4 Topik Obrolan yang Bisa Merusak Citra Diri Sendiri, Hindari!
Ilustrasi pertemanan (pexels.com/Anna Shvets)

Obrolan, bahkan yang sifatnya santai misalnya mengobrol bersama teman pun gak mudah, lho. Selain diperlukan kemampuan untuk bisa menyampaikan ide yang dimaksud sehingga dapat dimengerti, dibutuhkan pula kepekaan supaya lawan bicara bisa nyaman dan gak tersinggung denganmu. Nah, berikut ini akan dibahas mengenai empat topik obrolan yang sebaiknya dihindari karena malah dapat merusak citra dirimu, lho. Apa saja topik yang dimaksud? Mari simak pembahasannya di bawah ini!

1. Keburukan orang lain

Topik obrolan ini memang selalu seru untuk dijadikan bahan pembicaraan. Seperti sering orang bilang, “gosip, makin digosok makin sip.”

Meski begitu, membicarakan aib orang lain sebenarnya gak baik, lho. Bila hal ini terbiasa dijadikan topik pembicaraan, maka bisa merusak citra dirimu. Kamu akan dicap sebagai ‘bigos’ atau biang gosip!

Orang yang sudah tahu reputasimu seperti itu akan menghindar. Kalaupun ada orang yang berteman, umumnya mereka pun setipe, yakni suka membicarakan kesalahan orang lain, dan biasanya orang seperti bukanlah tipe teman yang baik.

2. Masalah dalam hidup

Sesekali curhat kepada teman mengenai permasalahan hidup sangatlah wajar. Justru hal tersebut baik agar kamu gak memendam masalah sendiri, dan bisa membuat hatimu jadi lebih lega.

Sayangnya, kalau topik mengenai persoalan dalam hidup sudah jadi hal yang biasa banget kamu obrolkan, lama-lama orang akan jenuh. Bukan tak mungkin kamu jadi dijauhi karena dianggap pembawa aura negatif. Habis, yang dibicarakan kesulitan hidup melulu.

3. Prestasi diri

Sah-sah saja ketika kamu ingin membagi kabar bahagia berupa prestasi diri sendiri ke teman-temanmu. Namun, jangan terlalu berlebihan, ya, sampai-sampai tiap kali ngobrol selalu yang dibahas itu-itu lagi.

Sikap demikian justru bisa membuat orang sekitarmu jadi kehilangan respek, lho. Tadinya mereka kagum, bisa jadi nanti malah kamu dianggap sombong atau terlalu puas diri. Anggapan itu disebabkan perilakumu yang terlalu berlebihan dengan selalu membahas pencapaian diri.

4. Penilaian prematur terhadap orang lain

Topik selanjutnya yang mesti dihindari karena dapat merusak citra dirimu sendiri, adalah ketika menyampaikan opini mengenai orang lain tapi tanpa didasarkan fakta. Yang kamu ungkapkan murni prasangka akibat sikapmu yang mudah sekali menghakimi. Sikap demikian bisa membuat orang jadi menilaimu berpikiran dangkal atau sempit, lho.

Itu dia empat topik obrolan yang mesti kamu hindari karena dapat merusak image. Jangan lagi dilakukan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak