facebook

Jangan Cuci Pakai Mesin, Ini 7 Tips Mencuci dan Merawat Jeans agar Tetap Awet

Erlangga Wijaya
Jangan Cuci Pakai Mesin, Ini 7 Tips Mencuci dan Merawat Jeans agar Tetap Awet
Ilustrasi celana jeans. (Pexels/The Lazy Artist Gallery)

Celana Jeans telah menjadi item basic fashion yang diminati banyak orang.  Bagi pecinta jeans, pencucian terhadap celana jeans dapat menyebabkan memudarnya warna. Namun, ternyata cara mencuci jeans dapat membuat kotoran, kulit mati, dan menumpuk pada Jeans tersebut. 

Setiap orang pasti memiliki celana jeans paling tidak satu buah di dalam lemarinya. Namun, tidak banyak yang tahu cara mencuci dan merawat celana jeans yang tepat agar dapat dikenakan dalam jangka waktu yang panjang. Waktu yang tepat untuk mencuci jeans tergantung dari seberapa sering pemakai dan cara penggunaannya sehari-hari. Waktu yang paling ideal untuk mencuci celana jeans setelah lima hingga sepuluh hari pemakaian. 

Lantas, bagaimana cara mencuci Jeans agar tetap awet? Berikut beberapa tips cara merawat Jeans agar tidak salah 

1. Jangan Menggunakan Mesin Cuci 

Penggunaan mesin cuci yang terlalu sering dapat membuat celana jeans memudar dan cepat melar. Cara yang benar mencuci celana jeans, yaitu dengan menggunakan deterjen tanpa pemutih, lalu dibilas dan langsung dijemur.

2. Gunakan Cairan Cuka 

Celana jeans yang sudah lama tentu akan semakin kusam dan pudar. Untuk menghasilkan warna seperti baru lagi, rendamlah celana Jeans dengan air dan campuran air cuka secukupnya,

3. Hindari Penggunaan Sikat 

Penggunaan sikat dapat membuat celana jeans menjadi melar. Jika celana jeans terdapat noda, sikat secara perlahan pada noda tersebut sampai hilang.

4. Hindari Menjemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

Celana jeans yang dijemur langsung di bawah sinar matahari dapat membuat tekstur menjadi kasar dan warna menjadi pudar. Oleh karena itu, cukup jemur celana Jeans di teras atau balkon rumah dan dalam keadaan posisi terbalik. Hal tersebut dapat mehindari kerusakan celana jeans pada bagian luar. 

5. Jangan Disetrika Celana jeans yang sering disetrika dapat membuat bahan Jeans menyusut tidak nyaman ketika digunakan. 

6. Selalu Digantung 

Celana jeans yang sering dilipat dapat membuat bekasan lipatan pada bagian luar Jeans. Sebaiknya, gantung celana jeans setelah dicuci. 

7. Jangan Sering Dicuci 

Waktu yang tepat mencuci celana jeans adalah tiga hingga empat bulan sekali jika memang tidak begitu kotor. Celana jeans yang sering dicuci dapat membuat melar dan membuat warna pada jeans memudar. 

Nah, itu di acara merawat, mencuci celana jeans yang baik dan benar. Jangan lupa dilakukan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak