facebook

4 Hal yang Harus Kamu Ingat Saat Orang Lain Merendahkan Pekerjaanmu

Sapta Stori
4 Hal yang Harus Kamu Ingat Saat Orang Lain Merendahkan Pekerjaanmu
Ilustrasi seseorang yang sedang bekerja (unsplash.com/ Emmanuel Ikwuegbu)

Ada beragam profesi dan pekerjaan di dunia ini, yang mungkin salah satunya sedang kamu lakoni. Profesi atau pekerjaan yang kamu pilih untuk kamu jalani tentu disertai dengan berbagai pertimbangan, baik keahlian yang kamu miliki, pendapatan yang diperoleh, kenyamanan  dalam bekerja, maupun pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Mungkin terkadang kamu mendengar orang lain mengatakan hal yang tidak semestinya tentang pekerjaanmu sehingga membuatmu terluka dan merasa direndahkan. Ketika hal itu terjadi, harap ingat empat hal berikut ini, agar kamu tidak lagi merasa rendah diri dan tetap semangat dalam menjalani pekerjaanmu.

1. Tidak ada pekerjaan yang sepele

Setiap pekerjaan memiliki tantangan dan risikonya masing-masing. Pun, masing-masing dari pekerjaan tersebut membutuhkan keahlian tersendiri dalam menjalaninya. Selama pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang baik, tidak ada pekerjaan yang benar-benar sepele sampai orang berhak merendahkannya.

Oleh karenanya, kamu tidak perlu merasa rendah diri saat orang lain merendahkan pekerjaanmu. Mereka yang berbicara seperti itu juga belum tentu bisa melakukan apa yang mampu kamu lakukan.

2. Orang lain tidak turut menanggung kehidupanmu

Kamu yang lebih mengetahui tentang kehidupanmu sendiri. Orang lain yang merendahkan pekerjaanmu, tentunya tak akan turut menanggung risiko pekerjaanmu atau membiayai kehidupanmu saat kamu tidak memiliki pendapatan.

Orang yang sungguh peduli padamu tentu tidak akan merendahkanmu. Jika ingin memberikan masukan, mereka tentu akan memberikan saran yang baik dan membangun tentang pekerjaanmu.

3. Pekerjaanmu adalah sumber pendapatan yang menjadi jalan rezekimu

Pekerjaan apa pun yang kamu lakoni sekarang, jika pekerjaan itu baik dan halal, kamu patut mensyukurinya. Sebab, pekerjaan itu menjadi sumber mata pencaharianmu, jalan rezeki dan ikhtiarmu untuk mencari pendapatan untuk kehidupanmu dan demi menafkahi orang-orang yang kamu sayangi.

4. Kamulah yang menjalani pekerjaanmu, bukan orang lain

Kamu yang akan merasakan nyaman atau tidaknya menjalani sebuah pekerjaan. Kamu tak punya alasan untuk menghiraukan ucapan orang lain yang meremehkanmu. Lebih baik bagimu untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuanmu dalam bekerja dibandingkan terus mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan dan katakan tentang pekerjaanmu.

Itulah empat hal yang harus kamu ingat saat orang lain merendahkan pekerjaanmu. Tentunya, penting bagimu untuk memastikan bahwa pekerjaan yang kamu lakukan adalah pekerjaan yang baik dan halal, serta membawa kebaikan bagi kehidupanmu dan bermanfaat bagi kehidupan banyak orang. Apa pun profesi dan pekerjaanmu, semoga kamu selalu sukses dalam menjalaninya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak