facebook

5 Manfaat Memaafkan Orang yang Sudah Menyakiti, Demi Kedamaian Dirimu!

Susanti ..
5 Manfaat Memaafkan Orang yang Sudah Menyakiti, Demi Kedamaian Dirimu!
Ilustrasi wanita di tengah bunga matahari (Unsplash.com/Rodolfo Sanches Carvalho)

Saat berinteraksi sosial, tentunya terkadang ada salah kata ataupun tindakan yang dilakukan orang lain bisa bikin sakit hati. Berikut akan diulas beberapa alasan kenapa kamu perlu memaafkan orang yang sudah menyakiti. Mari kita simak pembahasannya lebih lanjut!

1. Mengurangi risiko penyakit serius

Lho, apa hubungannya memaafkan dengan penyakit serius? Seperti diketahui, salah satu pemicu berbagai sumber penyakit, yakni tingkat stres yang tinggi.

Dengan memaafkan orang yang sudah menyakiti, pikiranmu jadi lebih tenang dan hati gak selalu terbayang oleh perilaku buruknya. Dengan demikian, tingkat stres pun bisa ditekan sehingga risiko penyakit serius bisa dikurangi.

2. Hidup jadi lebih damai

Alasan selanjutnya kenapa kamu perlu memaafkan orang lain yang telah menyakiti, yakni demi kedamaian hidupmu sendiri. Menyimpan dendam serta amarah atas perilaku buruk yang telah dilakukan orang lain gak akan bikin hatimu tenang, kan?

Itulah kenapa mau orang yang sudah menyakitimu minta maaf atau enggak hendaknya maafkan saja. Bukan untuk dirinya, melainkan demi kedamaian hatimu sendiri.

3. Bisa lebih menikmati hidup

Menyimpan amarah terhadap perlakuan buruk seseorang di masa lalu bisa menghalangimu untuk menikmati momen saat ini. Yang ada di bayanganmu selalu peristiwa negatif yang sebenarnya sudah lewat dan tak bisa diedit lagi.

Untuk itulah usahakan untuk mengikhlaskan perlakuan buruk orang lain agar gak selalu terbayang-bayang. Dengan begitu, kamu jadi bisa fokus terhadap momen saat ini. Hidup jadi bisa lebih dinikmati!

4. Wujud mencintai diri sendiri

Seperti disinggung sebelumnya, kalaupun orang tersebut gak meminta maaf, tetapi sebaiknya dimaafkan saja. Hal ini bukan karena kamu lemah dan membiarkan orang menginjak-injak harga dirimu. Melainkan sebagai bentuk mencintai diri sendiri.

Dengan memaafkan orang lain, hatimu jadi damai serta berbagai keuntungan lain bisa kamu dapatkan. Maka dari itu, sebaiknya jangan terus menyimpan dendam, ya!

5. Kamu akan mudah dimaafkan bila nantinya melakukan kesalahan

Manusia tidak pernah luput dari salah. Keuntungan lain dari memaafkan orang lain, di kemudian hari jika sewaktu-waktu kamu yang giliran berbuat kesalahan, maka orang pun jadi lebih mudah memaafkan.

Itu dia beberapa manfaat memaafkan orang yang telah menyakitimu. Ada tambahan lain?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak