facebook

3 Langkah Menghargai Diri Sendiri, Sudah Melakukannya?

Sapta Stori
3 Langkah Menghargai Diri Sendiri, Sudah Melakukannya?
Ilustrasi wanita (Unsplash.com/Jackson David)

Dewasa ini, kita mulai memahami bahwa selain menghargai orang lain, penting pula bagi kita untuk belajar menghargai diri sendiri. Dengan menghargai diri sendiri, kita bisa meningkatkan kepercayaan diri dan lebih menikmati hidup yang kita jalani.

Barangkali, kamu merasa kesulitan menghargai diri sendiri. Kamu merasa tidak memiliki kemampuan seperti yang orang lain miliki atau merasa tertinggal dari teman-temanmu. Untuk kamu yang mengalami hal itu, ada tiga hal yang bisa kamu lalukan agar kamu bisa lebih menghargai dirimu sendiri, di antaranya:

1. Tengok kembali pencapaian yang pernah diraih

Dulu, mungkin kamu pernah meraih juara kelas atau memenangkan suatu kompetisi di daerahmu. Buka kembali semua memori tentang pencapaianmu itu, seperti melihat kembali foto-foto di masa itu atau piagam penghargaan yang pernah kamu dapatkan.

Hargailah dirimu atas semua pencapaianmu itu. Sekecil apa pun pencapaian yang kamu raih, hal itu tetap menunjukkan bahwa kamu memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan orang lain. Siapa tahu, kamu mendapatkan inspirasi untuk melakukan suatu langkah yang baru dengan menggali kembali kemampuanmu itu.

2. Jangan hanya fokus pada kekurangan diri

Tak ada manusia yang diciptakan semata-mata hanya memiliki kekurangan, begitu pun kamu. Karenanya, kamu juga pasti memiliki kelebihan, sisi positif atau nilai plus di samping kekurangan, sisi negatif dan nilai minus dalam dirimu.

Jika kamu hanya fokus pada kekuranganmu, artinya kamu sudah bersikap tidak adil pada dirimu sendiri. Alih-alih mampu memperbaikinya, kamu justru akan kehilangan kepercayaan dirimu dan meragukan kemampuanmu sendiri.

3. Kenang kembali permasalahan hidup yang berhasil kamu lalui

Terpaku pada masa lalu memang bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Sebab, apa pun yang terjadi saat itu, semuanya sudah berlalu dan tak akan bisa terulang. Namun, ada baiknya jika sesekali kamu melakukan kilas balik ke masa lalumu, karena hal itu dapat menjadi jalanmu untuk lebih menghargai dirimu sendiri.

Cobalah untuk mengingat kembali apa saja yang berhasil kamu lewati sampai sekarang ini. Kamu mungkin pernah mengalami permasalahan hidup yang terasa berat bagimu dan kamu berhasil melaluinya. Dengan begitu, kamu akan mendapati bahwa dirimu lebih hebat dari yang kamu dan orang lain kira.

Pastinya, ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan demi menghargai dirimu sendiri. Yakinlah bahwa kamu memiliki kelebihan dan pencapaian tertentu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Percayalah kepada dirimu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak