facebook

5 Hal Penting yang Harus Disiapkan Saat Ingin Interview Kerja Online

Desyta Rina Marta Guritno
5 Hal Penting yang Harus Disiapkan Saat Ingin Interview Kerja Online
Ilustrasi Interview Online (Pixabay/Tumisu)

Saat ini untuk melakukan interview kerja atau untuk keperluan apapun, kita tidak perlu datang langsung ke perusahaan yang kita tuju, terkadang pihak yang bertugas menginginkan interview secara online alias menggunakan gawai yang kita miliki. Interview online seperti ini dinilai sangat efektif karena menghemat waktu, apalagi kalau pelamar yang akan di interview ada banyak. Nah, untuk melakukan interview secara online ada lima hal yang perlu kamu siapkan, berikut ulasannya.

1. Perangkat dan Koneksi yang Memadai

Sudah pasti kalau melakukan interview online kamu harus menyiapkan perangkat dan juga koneksi internet yang memadai, pastikan perangkat yang kamu miliki bisa berfungsi dengan baik ya. Selain itu, pelajari juga cara menggunakan media interview kalau belum pernah menggunakan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar saat interview kamu tidak panik kalau ada kesalahan teknis.

2. Stand By Sebelum Jam Interview

Pastikan kamu sudah siap kurang lebih lima belas menit sebelum jam interview, kalau perlu kamu sudah stand by untuk join meeting lima menit sebelum jamnya untuk berjaga-jaga apabila nanti ada kendala teknis yang membutuhkan waktu untuk memperbaiki, serta agar kamu tidak telat masuk ke dalam ruang meeting online.

3. Menghindari Gangguan

Carilah tempat yang sekiranya tenang dan nyaman untukmu, jauhkan dari suara-suara yang mengganggu, pakai jaringan internet yang kamu yakini itu kuat dan memadai sampai proses interview selesai.

4. Berpakaian dan Bersikap Selayaknya Interview Normal

Meskipun sedang interview online, kamu tetap harus bersikap dan berpakaian selayaknya orang interview pada umumnya. Tetap bersikap sopan dan memilih pakaian yang semi formal, karena meskipun begini hal-hal seperti itu tetap akan dinilai.

5. Mental dan Latihan

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan mental dan berlatih melakukan interview, latihan bisa dengan mencari pertanyaan yang sering muncul saat interview. Dengan begitu, setidaknya kamu sudah tahu kemana arah pembicaraan yang nanti akan kamu hadapi. Tinggal bagaimana caramu mengatasi rasa gerogi yang datang.

Itulah 5 hal yang perlu disiapkan saat akan interview secara online, semoga beruntung.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak