facebook

4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Suatu Produk

Sapta Stori
4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Suatu Produk
Ilustrasi wanita yang sedang berbelanja (Unsplash.com/Boxed Water Is Better)

Ketika kebutuhan sehari-hari di rumah sudah habis, biasanya kita akan pergi ke supermarket atau toserba untuk berbelanja. Namun, belanja bukanlah sekadar kegiatan mengambil produk dan membayar belanjaan kita di kasir. Sebagai konsumen, kita dituntut untuk cermat dalam memilih produk yang akan kita beli.

Ketika kita membeli sebuah produk, tentu kita harus memastikan produk tersebut masih bagus, baik dan layak untuk dikonsumsi.

Produk yang tak layak konsumsi akan berbahaya bagi tubuh, menyebabkan keracunan, atau bahkan kematian. Oleh karena itu, setidaknya kita harus memperhatikan empat hal berikut ini ketika membeli suatu produk, di antaranya:

1. Kehalalan produk

Bagi umat Muslim, sudah menjadi suatu keharusan untuk mengonsumsi produk yang dijamin kehalalannya. Penting bagi kita untuk memastikan adanya logo halal dalam setiap produk yang akan kita konsumsi.

Produk yang sudah tersertifikasi halal menunjukkan bahwa lembaga yang berwenang sudah menjamin bahwa produk tersebut menggunakan bahan-bahan yang halal dan diolah dengan cara yang sudah sesuai dengan ketentuan pula.

2. Perhatikan kemasan produk

Himbauan untuk tidak membeli jika kemasan sudah rusak umumnya tercantum pada sebuah produk. Ketika kita hendak membeli suatu produk, pastikan kemasan produk tersebut masih bagus dan tersegel dengan baik.

Jangan membeli atau menerima barang yang kemasan atau segelnya sudah rusak, karena hal ini dapat mempengaruhi kualitas produk tersebut. Barang atau produk yang dijaga dengan baik dan dijamin kualitasnya pasti juga akan memiliki tampilan luar yang baik.

3. Perhatikan tanggal atau masa kedaluwarsa

Selain kemasan yang baik, masa kedaluwarsa sebuah produk juga sangat penting. Kita harus waspada apabila produk yang akan kita beli tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa.

Selain itu, usahakan untuk memilih produk yang tanggal kedaluwarsanya masih cukup lama. Produk yang sudah dekat atau bahkan sudah mendekati masa kedaluwarsa tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh.

4. Cermati bau dan rasa dari produk yang dibeli

Berhati-hatilah jika produk yang kita beli menimbulkan bau tidak sedap atau beraroma lain dari biasanya. Mungkin saja produk tersebut terkontaminasi sesuatu dan membahayakan bila dikonsumsi.

Selain aroma, kita juga dapat membedakan produk tersebut masih layak konsumsi atau tidak dari rasanya. Jika rasanya sudah berubah dari biasanya, kemungkinan besar produk tersebut sudah rusak atau tercemar. Lebih baik tidak diteruskan untuk dikonsumsi.

Mari kita menjadi konsumen yang cerdas dan pandai memilih produk seperti apa yang layak untuk kita konsumsi. Cermat dalam memilih produk dapat menghindarkan kita dari hal-hal berbahaya yang tidak kita inginkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak