facebook

4 Langkah Melupakan Kenangan Buruk yang Harus Kamu Tahu

oce blue
4 Langkah Melupakan Kenangan Buruk yang Harus Kamu Tahu
Ilustrasi sedih (Pixabay.com)

Kenangan buruk menjadi salah satu alasan mengapa kita ingin melupakannya. Jika itu bersangkutan dengan mantan pasangan, tentunya bukan hal mudah untuk melupakan semua memori.

Tapi jangan khawatir, berikut ini ada beberapa langkah melupakan kenangan buruk yang bisa kamu ketahui.

1. Belajar menerima kenyataan

Berhenti untuk menyalahkan keadaan yang hadir dalam kehidupanmu. Jangan menyalahkan diri sendiri setiap hari. Kita sendiri juga tidak ingin kenangan buruk itu terjadi.

Tapi, itu bisa menjadi pelajaran agar kita bisa memilah setiap hal dengan lebih teliti. Akui bahwa dirimu memang tersakiti. Terima semua kenyataan yang ada. Perlahan, jangan terburu-buru. Bukan hal mustahil bagimu untuk melakukan hal itu. 

2. Jangan memaksa untuk melupakan

Mungkin menurut kita melupakan adalah hal paling tepat agar kita tidak merasa kesakitan lagi. Tapi, terkadang kenyataan berbeda. Semakin kita berusaha melupakannya, seakan memori itu bertambah kuat.

Jadi, hal paling tepat adalah menerimanya dan merasa ikhlas. Jangan menyimpan dendam kepada siapa pun. Berdoalah semoga dirimu dan orang-orang yang berpengaruh dalam kenangan burukmu berubah menjadi orang yang lebih baik. 

3. Fokus dengan masa sekarang

Jangan terus-terusan stuck di masa lalu. Masih ada matahari hangat yang selalu menyambutmu. Akan lebih baik jika kamu kembali untuk melakukan aktivitas yang pernah terhenti karena dampak dari kenangan buruk tersebut.

Saat kamu memiliki kesibukan yang bermanfaat, hal ini membantumu untuk melupakan memori menyakitkan dan bahkan kamu sudah bisa menerimanya. Jangan buat dirimu berantakan karena kenangan. 

4. Berteman dengan waktu

Beragam cara atau upaya mungkin sudah kita coba untuk melupakannya. Tapi, memori itu masih saja menyakitkan. Jika kamu mengalaminya, mungkin belum saatnya untuk kamu benar-benar menerimanya.

Tunggu waktu yang membawamu untuk belajar menerima setiap keadaan. Percayalah pasti akan ada waktunya kamu bisa lepas dari hal itu dan kembali menjadi dirimu lagi saat kenangan buruk itu belum ada. 

Tidak selamanya kenangan buruk itu buruk. Ada sebagian yang justru merubahmu menjadi jauh lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya. Jadi rangkul setiap hal yang hadir dalam hidupmu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak