facebook

4 Pelajaran Pahit di Usia Muda yang Sebagian Besar Orang Mengalaminya

oce blue
4 Pelajaran Pahit di Usia Muda yang Sebagian Besar Orang Mengalaminya
Ilustrasi seseorang yang sedang terpuruk.[Pixabay]

Masa muda bisa dibilang sebagai masa keemasan. Karena masa keemasan itu, jatuh bangun adalah hal wajar dan sering terjadi. Untuk kamu yang sedang mengalaminya, ada beberapa pelajaran pahit yang memang harus kita terima. Jadikan ini sebagai motivasi, bukan malah pengaruh buruk. 

1. Kamu tidak harus memiliki segalanya

Saat kamu merasa selalu gagal, jangan pernah menyerah untuk kembali berdiri. Karir yang belum berhasil, belum bisa masuk kuliah favorit, dan lain-lain. Kamu tidak harus memiliki semuanya itu dalam usia muda. Di saat kamu berusaha, itulah nilai besar yang sebenarnya. Pada intinya kita sudah mau berusaha dan berdoa menginginkan hal yang paling baik sesuai porsi masing-masing. 

2. Belajar merelakan

Semakin bertambahnya usia sepertinya selalu ada hal yang tidak bisa selalu kita genggam. Pasangan yang memutuskan untuk mengakhiri hubungan, teman yang menjauh, dan karir yang sedang gagal. Di saat semua itu hadir, hal yang harus kamu lakukan adalah menerima dan merelakan, meski kondisimu sedang tidak baik. Namanya hidup pasti ada rasa sakit yang bisa membuat kita menjadi tumbuh. 

3. Kondisi yang berubah

Jika perubahan itu menjadikan kita bahagia, seperti karir berhasil atau diterima kerja di perusahaan terkenal tentunya perubahan itulah yang memang kita inginkan. Tapi jika sebaliknya, tentunya berbeda. Untuk itu saat kamu sedang berada di atas, jangan lupa untuk selalu berbuat baik. Bersedekah dan membantu orang lain. Kebaikan itulah yang akan menjadi balasan ketika kamu butuh bantuan. Hidup kan seperti roda. Kadang di atas dan kadang juga di bawah. 

4. Penyesalan

Berandai jika dulu begini atau begitu, menjadikan penyesalan terasa lebih menyakitkan. Tapi tidak seharusnya kamu terus-terusan merasa rendah. Jangan buat penyesalan untuk yang kedua kalinya. Berusaha lakukan yang terbaik di masa mudamu agar saat usia tua tidak ada penyesalan. Memang menyakitkan, tapi penyesalan itu yang bisa merubah seseorang menjadi jauh lebih hebat. 

Kita tidak bisa menjadi seseorang yang sempurna, memang. Tapi tidak ada salahnya jika selalu mengusahakan yang terbaik. Menerima kenyataan dan berjuang di dalamnya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak