facebook

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Mahasiswa Anggota Organisasi, Kamu Juga?

Desyta Rina Marta Guritno
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Mahasiswa Anggota Organisasi, Kamu Juga?
Ilustrasi Mahasiswa (Pixabay/terimakasih0)

Kamu mahasiswa yang aktif ikut organisasi? Wah, pasti sering dihadapkan dengan kesibukan dan deadline yang mepet, ya. Meskipun begitu banyak pelajaran dan pengalaman yang tentunya kamu dapat dari mengikuti kegiatan tersebut. Ditengah kesibukan yang kamu jalani, komitmen untuk bertanggungjawab sangat diperlukan agar tidak ada sesuatu yang tertinggal.

Kalau kamu masih melakukan 5 kesalahan yang sering terjadi dibawah ini, cobalah untuk belajar mengatur waktu lebih baik lagi agar kuliahmu tidak terbengkalai.

1.     Telat Mengumpulkan Tugas

Kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa yang ikut organisasi adalah telat mengumpulkan tugas. Seperti yang kita tahu bahwa tugas kuliah itu sangat banyak, apalagi kalau deadline-nya berdekatan. Bagi kamu yang ikut organisasi, usahakan untuk membagi waktu sebaik mungkin agar masih ada waktu untuk mengerjakan tugas yang diberikan dosen.

2.     Tidak Bertanggung Jawab

Saking banyaknya kegiatan yang harus dilakukan, terkadang mahasiswa sampai lupa akan tanggungjawabnya yang lain. Oleh karena itu, ikutilah kegiatan yang sekiranya masih bisa kamu handle, jangan sampai kamu terlanjur terjun kedalamnya tapi tidak melaksanakan tugas alias lari dari tanggung jawab.

3.     Membolos Kuliah

Seperti apapun kesibukan yang kamu hadapi sekarang, usahakan jangan sampai membolos kuliah. Ingat bahwa itulah tujuan utamamu. Faktanya, masih banyak mahasiswa-mahasiswa yang proaktif di organisasi, tapi sering tidak ikut kuliah. Entah karena ada kegiatan, tidur larut malam, lupa jadwal, dan lain-lain.

4.     Tidak Menjaga Kesehatan

Yang paling penting lagi jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, kalau tubuhmu tidak sehat, kamu tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Akibatnya banyak pekerjaan yang terbengkalai, menumpuk, bahkan ada beberapa yang akhirnya terlupakan.

5.     Lupa Waktu

Sesibuk apapun kamu jangan sampai lupa waktu, ada waktunya kamu istirahat, beribadah, dan makan. Bahkan terkadang masih ada mahasiswa yang sampai lupa untuk sekadar pulang ke rumah karena saking sibuknya.

Itulah kesalahan-kesalahan yang masih sering dilakukan mahasiswa yang ikut organisasi, pada dasarnya kegiatan tersebut adalah hal yang positif. Namun kembali lagi, bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi kamu harus pandai mengatur agar semua sesuai dengan porsinya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak