facebook

Sunmori Check, Berikut 10 Perlengkapan yang Perlu Diperhatikan

Nisavia Ulul Azmi
Sunmori Check, Berikut 10 Perlengkapan yang Perlu Diperhatikan
Ilustrasi sunmori.[Freepik]

Saat yang paling dinanti-nanti oleh mayoritas semua orang ialah waktu akhir pekan. Waktunya melepas penat setelah beberapa hari beraktivitas yang cukup padat. Mulai dari pelajar sampai pekerja sangat gembira menyambut akhir pekan. Khususnya kawula muda yang kerap menghabiskan akhir pekan dengan memperbanyak “healing” , salah satunya dengan pergi Sunday Morning Ride atau Sunmori ke tempat-tempat sejuk di pegunungan.

Sunmori adalah sebuah istilah kegiatan menggunakan kendaraan bermotor yang dilakukan mulai minggu pagi, bisa dilakukan perorangan maupun berkelompok. Apabila dilakukan secara berkelompok maka akan lebih seru. Untuk tetap menjaga keselamatan diri saat Sunday Morning Ride, apa aja sih yang perlu disiapkan?

1. Memakai Tabir Surya

Ketika melakukan Sunday Morning Ride atau Sunmori tentunya akan menghabiskan waktu Anda dijalan. Memakai perlengkapan tabir surya seperti sunscreen atau sunblock sangat lah penting yakni untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Sinar matahari mengandung UVA dan UVB yang bisa membuat kulit menjadi gelap. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut maka gunakan sunscreen atau sunblock mengandung SPF 30++++ atau lebih sesuai dengan kondisi kulit Anda.

2. Gunakan Jaket

Menggunakan jaket bisa untuk melindungi diri Anda dari terik sinar matahari serta menangkal hawa dingin selama berkendara. Selain itu Anda bisa melengkapinya dengan memakai kacamata dan sarung tangan agar lebih safety.

3. Gunakan Helm Berstandar SNI

Saat berkendara harus menggunakan perlengkapan keselamatan diri salah satunya helm. Tentunya menggunakan helm berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI). Gunakan helm sesuai dengan ukuran kepala pengendara agar tetap terjaga.

Jangan sepelekan! Bagian yang sering kali diabaikan yakni bagian tali pengikat beserta pengancing pada helm. Pastikan helm terkunci dengan benar.

4. Siapkan Kondisi Fisik

Hal paling utama yang harus diperhatikan yaitu kesehatan fisik dan mental. Ketika sudah merencanakan akan pergi healing maka sebelum sunmori sebaiknya jaga kondisi tubuh dengan beristirahat cukup dan hindari begadang. Beristirahatlah jika merasa lelah, jangan memaksakan diri. Tujuannya untuk menghindari risiko akibat kondisi fisik atau mengantuk. Anda juga bisa megurangi risiko yang mungkin akan terjadi nanti dengan membekali diri membawa perlengkapan yang memang dibutuhkan yakni dengan membawa obat-obatan khusus.

5. Perhatikan Tekanan Angin Ban 

Ban ialah salah satu bagian kendaraan yang harus senantiasa diperiksa sebelum berkendara. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari kemungkinan buruk di jalan seperti ban kempes. Dengan demikian ketika ban kempes dapat membahayakan Anda selama berkendara. Ban kempes dapat mengganggu keseimbangan kendaraan tidak terkendali. Jadi, pastikan ban kendaraan kalian aman.

6. Periksa Kendaraan

Sebelum bepergian, sebaiknya selalu cek keadaan kendaraan Anda. Pastikan kendaraan Anda dalam keadaan normal sesuai standar, friends. Tujuaannya bukan lain hal yakni untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dari kejadian yang tidak di inginkan. Dari sisi kendaraan, pastikan kondisi ban, rem, kaca spion, dan mesin aman. Apabila sebelum berangkat namun kondisi kendaraan tidak memungkinkan atau terdapat sedikit kerusakan, segera perbaiki sampai benar-benar kondisi kendaraan Anda aman.

7. Membawa Jas Hujan

Wajib banget membawa jas hujan saat berkendara karena cuaca di tiap daerah tidak bisa diprediksi, jadi alangkah baiknya jika Anda berjaga-jaga membawa jas hujan. Tujuannya yakni untuk mengantisipasi apabila turun hujan di tengah perjalanan Anda.

8. Gunakan Masker

Munculnya virus covid-19 menggemparkan dunia membuat semua orang harus memakai masker saat bepergian. Dimana pun berada tetaplah mematuhi protokol kesehatan, yah friends. Tidak hanya itu, masker juga bisa melindungi wajah Anda dari polusi udara selama perjalanan.

9. Periksa Perlengkapan Kendaraan

Sebelum berangkat bepergian, pastikan membawa perlengkapan berkendara seperti SIM dan STNK yang wajib selalu dibawa untuk memenuhi peraturan yang berlaku. Dan lengkapi juga dengan membawa kartu identitas lainnya seperti KTP.

10. Cek Jalur 

Melakukan cek jalur tujuan yang akan dilewati merupakan hal penting dan jangan sampai terlewatkan. Alangkah baiknya sebelum Anda melakukan perjalanan, harus mengetahui tujuan yang dituju dan medan jalan yang akan dilewati. Tidak hanya itu Anda bisa memantau jalur lainnya jika jalur utama terjadi kendala sehingga tidak dapat dilewati. Untuk memudahkan menuju tempat tujuan sebaiknya gunakan GPS pada saat perjalanan. Pastikan GPS terpasang dan berfungsi dengan baik.

Nah, itu dia yang perlu Anda siapkan. Tentunya tetap memperhatikan dan mematuhi peraturan lalu lintas agar tetap aman di jalan dan selamat sampai tujuan. Selamat berlibur.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak