facebook

4 Hal Ini akan Terjadi Jika Kamu Terus Memendam Perasaan

oce blue
4 Hal Ini akan Terjadi Jika Kamu Terus Memendam Perasaan
Ilustrasi wanita yang sedang murung. (Pexels)

Permasalahan yang pada akhirnya akan menjadi beban yang belum terselesaikan akan berdampak buruk untuk dirimu. Jika terus-terusan dipendam ada efek buruk yang akan kamu terima. Ada 4 efek buruk yang akan kamu alami jika terus-terusan memendam perasaan emosionalmu. 

1. Menguras energimu

Disaat kita merasa kelelahan bahkan tidak melakukan kerja berat, kamu sedang kelelahan secara mental. Hal ini bisa disebabkan karena ada suatu perasaan emosional yang sedang kamu bendung. Tidak mau untuk mengekspresikannya. Namun, pada akhirnya mentalmu akan sering merasa kelelahan. Ekspresikan emosimu entah itu dengan seni, hobi, atau bercerita kepada orang yang kamu percayai. 

2. Emosi itu terus menguat

Sangat lama kita memendam perasaan itu berjalan seiring dengan menguatnya emosi tersebut. Jika semakin menguat, tentunya kita akan kesulitan untuk mengontrolnya. Jangan sampai emosi yang kamu pendam membuatmu seakan mati rasa. Mungkin sama halnya dengan memaksa perasaanmu untuk tidak merasa sedih, bahagia, ataupun kecewa. Jangan sampai hal ini terjadi. Jika kamu memang lelah mental, menangis lah sampai emosi itu terasa lebih ringan. 

3. Suatu saat pasti akan meledak

Emosi yang terus disimpan layaknya mempunyai tenaga yang begitu besar. Sebenarnya emosi itu akan terus-menerus mencari jalan keluar. Tidak ingin dipenjara atau ditekan sampai waktu yang lama. Jika kamu benar-benar dalam keadaan down dan tidak bisa mengontrol perasaanmu, emosimu akan meluap sampai habis. Jadi, jangan sampai hal ini berdampak lebih buruk. 

4. Mempengaruhi kesehatan fisik

Hal pertama yang kelelahan adalah mental. Lama-kelamaan jika belum juga kamu ekspresikan, emosimu yang tersimpan akan berubah menjadi sakit fisik. Waktu tidurmu yang terganggu dan berdampak pada kesehatan jasmani. Jika kamu memang benar-benar tidak mempunyai tempat untuk mengungkapkan emosimu, kamu bisa berolahraga kecil untuk waktu yang tidak begitu lama. Olahraga akan membuat pikiranmu lebih santai dan tentunya membuat imun tubuhmu semakin kuat. 

Mencari orang lain sebagai tempat bercerita apa yang kita rasakan memang tidak mudah. Tapi kamu bisa mengekspresikannya lewat hal lain. Seperti hobi dan bertamasya. Kamu juga harus ingat bahwa Tuhanmu akan selalu menjadi tempat terbaik untuk mengungkapkan segala perasaan yang kamu rasakan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak