facebook

Gaya Hidup Sehat Orang Korea: Dari Diet ala Asia sampai Meditasi

Silvia Siriuz
Gaya Hidup Sehat Orang Korea: Dari Diet ala Asia sampai Meditasi
Ilustrasi bendera Korea Selatan. [Unsplash/Stephanie Nakagawa]

Sudah berulang kali Korea berhasil menjadi trendsetter global, dari mulai gaya make up sampai makanan tradisional Korea yang tampak mengugah selera masyarakat dunia termasuk Indonesia. 

Tidak hanya artis Korea yang memiliki kulit putih mulus, yang terlihat lebih muda dibandingkan usia mereka sebenarnya. Namun, ternyata warga Korea non selebritis juga memiliki kulit yang sangat putih. Hal tersebut tentunya membuat iri banyak orang, apalagi bagi sesama orang Asia.

Disadur dari Korea Food Research Institute, secara tradisional pola makan di Korea Selatan berpegang pada asupan sayurang yang banyak, makanan rendah lemak, dan mengurangi daging merah untuk dikonsumsi serta meminum banyak ramuan herbal. Bahkan menurut Badan Pusat Statistik Korea, bahwa perkiraan usia harapan hidup masyarakat Korea Selatan adalah 83,5 tahun. 

1.  Diet tradisional ala Asia

Diet ini didasarkan pada makanan segar, serta mementingkan makanan berserat dari buah-buahan dan sayuran. Umumnya diet ini mengatur pola makan agar seimbang, dan kalori harian yang harus dicapai adalah sekitar 1200 sampai 1400 per hari. 

2. Rajin mengonsumsi probiotik untuk memerangi penyakit

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup (bakteri baik) yang bisa ditemukan dalam makanan seperti youghurt, minuman kedelai dan kefir.

3.  Makan-makanan sumber kalsium untuk menjaga tulang sampai tua

Makanan kaya kalsium lebih disarankan ketimbang kalsium dalam bentuk tablet maupun kapsul. Makanan yang mengandung kalsium antaranya, seperti produk susu, sayuran hijau, telur, dan ikan berminyak seperti sarden dan salmon.

4. Rajin mengonsumsi air putih 

Mengonsumsi air putih terbukti memiliki manfaat untuk meningkatkan elastisitas dan menjaga kelembapan kulit.

5. Olahraga 

Olahraga secara rutin dapat membantu mencegah berbagai penyakit berbahaya. Karena dengan olahraga, tidak hanya otot-otot yang bekerja, namun sirkulasi daran dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lebih lancar. Olahraga juga dapat membakar kalori yang berlebih, sehingga badan bisa lebih ringan dan bugar.

6. Cegah kerusakan sel-sel dengan meditasi

Meditasi dilakukan dengan fokus pada setiap pernapasan sambil duduk nyaman dengan punggung tegak selama 10 menit per hari selama 3 bulan, yang dapat meningkatkan enzim telomerase untuk melindungi sel-sel tubuh. Meditasi juga dikenal dapat meredakan stres dan membantu kita untuk dapat berkonsentrasi. 

Itulah gaya hidup sehat orang Korea. Mau menerapkannya juga?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak