facebook

Capek Sering Dimanfaatkan Orang Lain? Lakukan 4 Langkah Ini!

Susanti ..
Capek Sering Dimanfaatkan Orang Lain? Lakukan 4 Langkah Ini!
Ilustrasi kesal (pexels.com/RODNAE Productions)

Sudah seharusnya sebagai manusia yang baik saling tolong-menolong. Akan tetapi, mesti diakui gak semua manusia bisa bersyukur. Gak jarang kebaikan orang malah dimanfaatkan.

Ada kalanya hal ini bikin capek sendiri buat kamu yang selama ini sudah berusaha berbuat baik. Yang tadinya murni ingin menolong lama-lama jadi kesal sendiri karena dalam hati sadar sedang dimanfaatkan.

Untuk itulah artikel kali ini akan membahas beberapa langkah yang bisa kamu lakukan supaya tak lagi dimanfaatkan orang lain. Lakukan hal ini jika kamu capek sering dimanfaatkan orang.

1. Berhati-hati dalam memilih teman atau lingkaran terdekat

Bersikap baik memang ke siapa aja. Tapi, kalau untuk menjadikan teman dekat maka sebaiknya jangan sembarangan. Pilihlah teman yang sudah terbukti punya karakter yang baik. Kalau enggak, kamu bakal sering dimanfaatkan.

Kalaupun sudah terlanjur berada di lingkaran pertemanan yang seringnya bikin jengkel karena hobinya memanfaatkan, maka sah-sah aja, kok, kalau kamu mulai menjaga jarak dari mereka.

2. Jangan segan untuk menolak apabila permintaannya tersebut menyusahkan diri sendiri

Kamu gak perlu takut menolak permintaan seseorang apabila tahu jika permintaan tersebut akan merugikan dirimu sendiri. Misalnya, saat ada orang yang hendak meminjam uang. Sebenarnya kamu pengin banget meminjamkannya. Sayangnya, memang kondisi uangmu lagi pas-pasan.

Kalau memang seperti itu, jelaskan saja padanya kalau kamu memang gak bisa meminjamkannya. Kalau dia memang teman yang baik, pasti bisa mengerti.

3. Jangan ambil pusing dengan omongan orang lain

Sering kali penyebab kamu sulit menolak permintaan orang lain akibat takut atau khawatir dengan omongan jelek yang diakibatkan nantinya. Kamu susah bahagia, lho, apabila terlalu ambil pusing dengan apa yang dipikirkan atau diucapkan orang lain.

Jika memang dengan mengiyakan bikin kamu sulit sendiri, atau sadar betul bahwa permintaannya tersebut hanya bentuk memanfaatkan kamu, maka abaikan saja perkataan orang lain. Toh, yang merasakan ribetnya kamu sendiri.

4. Bicarakan baik-baik

Saat kamu menolak permintaan seseorang, coba utarakan dengan baik-baik. Hal ini penting supaya dia gak tersinggung.

Kalau sudah dibicarakan secara baik-baik masih bandel dan memaksa juga, maka abaikan saja. Tunjukkan kalau kamu gak senang dengan sikap memaksanya tersebut. Hal ini untuk memberinya sinyal bahwa kamu bukan tipe orang yang bisa dimanfaatkan.

Berbuat baik memang perlu. Akan tetapi, jangan diam saja, ya, kalau jelas-jelas kamu telah dimanfaatkan. Semoga tips tadi bisa bantu kamu mengatasi permasalahan tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak