facebook

4 Cara Bijak Menyikapi Nilai yang Jelek

Mutami Matul Istiqomah
4 Cara Bijak Menyikapi Nilai yang Jelek
ilustrasi seseorang merasa gagal. (freepik.com/Diana.grytsku)

Ada saja hal yang menyebabkan nilai sekolah kita jelek. Dari kurangnya belajar sampai fokus yang terpecahkan. Nilai yang jelek seringkali membuat kita merasa gagal dan tidak lagi memiliki kesempatan. Malu kepada teman-teman sampai khawatir dimarahi orang tua. 

Nah, jangan hanya terpuruk pada keadaan. Yuk lakukan hal ini ketika mendapatkan nilai jelek.

1. Cari tahu penyebabnya 

Tidak akan ada asap kalau tidak ada api. Tidak mungkin nilai kamu jelek, kalau tidak ada penyebabnya. Jadi, kamu perlu mengulur waktu beberapa hari ke belakang, nih. Bagaimana belajarmu sebelum ini? Apa kesibukan lain yang membuat kamu terpecah konsentrasinya? 

Kamu harus membenahi beberapa hal yang salah. Misalnya, waktu belajar yang kurang, banyak kesibukan, atau pikiranmu yang sedang terbebani oleh sesuatu. 

Tentu saja, kamu lah yang paling memahami dirimu sendiri. Kamu harus jujur pada dirimu sendiri perihal beberapa hal yang memang baik maupun buruk untuk kamu jalani. 

2. Jujur pada orang tua 

Banyak dari kita yang takut dimarahi orang tua hanya karena memiliki nilai yang buruk. Padahal, berterus terang itu lebih baik, lho. Meskipun mungkin orang tua kita akan menanyakan beragam alasan, jawab saja dengan apa adanya. Namun iringi dengan usaha yang lebih baik dan pembuktian kepada orang tua bahwa kamu bisa seperti yang mereka harapkan. 

3. Berusaha semaksimal mungkin

Setelah mengalami hal yang kurang menyenangkan, kamu harus bangkit lebih tinggi dan memberi pembuktian yang nyata. Tidak sekedar harapan palsu saja. Kamu harus meyakinkan dunia bahwa kamu bisa dipercaya. 

Berusaha tidak hanya dilakukan dengan tenaga. Tapi lakukan juga dengan doa. Pasalnya apapun yang kamu dapatkan tidak lepas dari kuasa Tuhan. Berdoalah agar sepanjang perjuangan, Tuhan berkenan memberikanmu kemudahan. 

4. Pertahankan prestasi 

Hal yang lebih berat dari mendapatkan adalah mempertahankan. Ketika kamu sudah berhasil mendapatkan apa yang kamu inginkan, kamu harus berusaha untuk mempertahankannya. 

Mempertahankan prestasi tidak akan bisa hanya dengan berdiam diri. Kamu harus terus mengasah kemampuan dan terus menggali potensi yang ada di dalam diri kamu. Sehingga yang kamu dapatkan tidak akan berkurang, justru bertambah. 

Itu dia 4 cara menyikapi nilai sekolah yang jelek. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak