facebook

Penasaran Kenapa Kamu Sering Menunda-nunda? Ternyata 4 Hal Ini Penyebabnya

Latifah ..
Penasaran Kenapa Kamu Sering Menunda-nunda? Ternyata 4 Hal Ini Penyebabnya
Ilustrasi rebahan. (Pixabay.com/free-photos)

Salah satu kebiasaan buruk yang sering orang lakukan adalah menunda-nunda tugas atau pekerjaan. Mungkin kamu termasuk salah satunya?

Ternyata, kebiasaan buruk tersebut ada beberapa penyebabnya, lho. Untuk tahu kelanjutannya, ikuti ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Perfeksionis

Hal pertama yang bisa menyebabkan seseorang jadi suka menunda-nunda tugas atau pekerjaan, yakni sikap perfeksionis. Terlalu khawatir hasilnya nanti jadi kurang bagus, kamu malah jadi menunda apa yang mesti segera diselesaikan.

Cobalah untuk lebih toleran ke diri sendiri, dan menerima kenyataan kalau gak ada yang sempurna di dunia ini. Lebih baik mengerjakan hal yang gak sepenuhnya sempurna tapi tepat waktu, daripada menunggu perfek nyatanya bikin kamu maju mundur untuk mengerjakannya.

2. Terlalu menganggap enteng suatu tugas

Penyebab selanjutnya kenapa kamu jadi terbiasa menunda-nunda, yakni terlalu menganggap remeh tugas yang mesti diselesaikan. Merasa kalau hanya butuh usaha dan waktu yang sedikit, kamu pun gak menunggu nanti-nanti untuk menyelesaikannya.

Sayangnya, ternyata di kemudian hari waktumu begitu sibuk sehingga tugas yang mestinya sudah selesai pun belum juga dikerjakan. Akibatnya tugas yang katanya mudah tersebut jadi gak maksimal karena keteteran saat menyelesaikannya.

3. Sudah keburu menganggap susah

Terlalu menggampangkan itu gak baik. Akan tetapi, berpikir kalau tugas bakal susah juga sebaiknya dihindari, karena hal itu sama saja kamu sudah berprasangka buruk duluan mengenai tugas yang mesti diselesaikan.

Pikiran negatif inilah yang kemudian membuatmu malas dan jadi menunggu nanti-nanti. Nyatanya, setelah mau gak mau harus dikerjakan, ternyata gak sesulit yang dikira selama ini.

4. Gak suka dengan tugas atau pekerjaan tersebut

Ada pula alasan lain kenapa kamu jadi menunda-nunda. Sebabnya karena kamu gak suka dengan tugas atau pekerjaan tersebut.

Kalau memang kondisinya harus dikerjakan, mending lakukan saja. Justru semakin cepat melakukannya semakin baik, karena kamu jadi bisa sesegera mungkin melakukan hal lain yang kamu sukai.

Menunda-nunda pekerjaan biasanya disebabkan kondisi mental. Cobalah untuk berpikir positif mengenai tugas yang sudah menantimu supaya bisa segera diselesaikan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak