facebook

Jogja Mulai Ramai, Perhatikan 4 Hal Ketika Hendak Berwisata Ke Jogja

Mutiara Nurul Azkia
Jogja Mulai Ramai, Perhatikan 4 Hal Ketika Hendak Berwisata Ke Jogja
Wisata Titik Nol Km Jogja. (Dok. Pribadi/mutiara)

Jogja merupakan salah satu destinasi kota yang ramai diburu oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Kota ini istimewa karena dahulu pernah menjadi ibukota sementara Indonesia. Salah satu wisata yang banyak diburu oleh wisatawan yaitu kawasan Malioboro. Malioboro merupakan tempat membeli oleh-oleh khas Yogyakarta. Di sana terdapat berbagai macam toko yang menjual bakpia dan batik.

Bagi anda yang hendak berwisata ke kota Istimewa ini, minimal ada 4 hal yang harus diperhatikan. Berikut akan saya sebutkan masing-masing hal tersebut.

1. Dana yang Cukup

Tentunya, ketika hendak berwisata, uang adalah barang nomor satu yang harus dipersiapkan. Bawalah uang yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari selama di Jogja. Pastikan uang yang anda siapkan dilebihkan untuk menghindari kekurangan uang saat jalan-jalan di Jogja.

Jika anda memiliki kartu debit atau kredit, maka anda disarankan untuk membawanya. Di Jogja telah banyak tersebar ATM bagi para wisatawan. ATM dapat ditemukan dimana-mana. Sehingga anda tidak perlu khawatir saat kehabisan uang.

2. Persiapkan Transportasi dan Hotel

Transportasi dan hotel perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan. Transportasi dan hotel sekarang mudah dilakukan secara online. Di Indonesia telah ada beberapa software atau aplikasi yang menyediakan jasa transportasi dan hotel. Anda tidak perlu khawatir kehabisan tiket atau kehabisan kamar hotel. Karena di dalam aplikasi tersebut, terdapat banyak pilihan transportasi dan tempat menginap.

3. Cek Kesehatan

Ketika anda hendak berwisata, anda perlu mengecek kesehatan. Tujuannya adalah agar wisata anda berjalan lancar tanpa terhalang sakit. Selain itu, cek kesehatan juga dapat bertujuan untuk mengetahui makanan-makanan yang boleh dan tidak.

4. Buat Daftar Wisata yang Hendak Dikunjungi

Jogja memiliki banyak destinasi wisata. Jika anda memiliki sedikit waktu, maka anda perlu membuat daftar wisata yang hendak dikunjungi. Tujuannya agar saat berwisata, anda tidak perlu repot mencari destinasi wisata selanjutnya. Anda juga perlu memperhatikan jam buka-tutup sebuah wisata, agar saat berkunjung tempat wisata tersebut masih buka.

Nah, bagaimana penjelasan tadi? Apakah anda tertarik untuk berwisata ke Kota Istimewa? Jangan lupa untuk menerapkan empat hal di atas, ya. Selamat Berlibur.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak