facebook

4 Alasan Kamu Tak Harus Mengejar Kesempurnaan dalam Hal Karir

Susanti ..
4 Alasan Kamu Tak Harus Mengejar Kesempurnaan dalam Hal Karir
Ilustrasi stres di tempat kerja. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sikap perfeksionis memang bisa menguntungkan, terutama dalam hal karir. Kamu jadi berhati-hati dalam mengerjakan sesuatu sehingga hasilnya pun maksimal.

Sayangnya, sikap perfeksionis gak lepas dari banyak dampak negatif. Salah satunya bisa membuatmu sering melewati deadline akibat terlalu menuntut kesempurnaan.

Berikut ini akan dibahas kenapa kamu gak harus mengejar kesempurnaan dalam hal karier. Ingin tahu kelanjutannya seperti apa? Simak terus ulasan di bawah ini, yuk!

1. Gak ada manusia satu pun yang bisa lepas dari salah

Semua orang pasti pernah melakukan kekeliruan. Itu sebabnya, hindari mengejar kesempurnaan. Lakukan saja yang terbaik, dan serahkan hasilnya pada Tuhan. Setidaknya kamu sudah memberikan usaha maksimal.

2. Mengejar kesempurnaan bikin kamu rentan stres

Hal selanjutnya kenapa gak perlu mengejar kesempurnaan, adalah demi kesehatan mentalmu. Selalu bersikap perfeksionis bisa bikin kamu rentan stres, lho, karena semua hal mesti dikerjakan dengan tanpa cela sekalipun.

Rencana yang sudah dibuat sedetail mungkin pun tetap ada risiko gak berjalan sesuai dengan rencana. Kalau kamu sadar bahwa risiko kegagalan atau kesalahan itu selalu ada, niscaya hatimu jadi jauh lebih lapang menerima kenyataan tersebut.

3. Perfeksionis bisa membuatmu terus berada di zona nyaman

Terlalu mengejar kesempurnaan bisa membuatmu takut untuk mencoba hal-hal atau metode baru. Akibatnya, kamu jadi terus-terusan berada di zona nyaman. Justru hal ini akan berbahaya bagi perkembangan karier.

Bersikap lebih toleran terhadap kesalahan bisa membuatmu berani ambil risiko. Kalaupun nanti hasilnya gak sesuai, setidaknya ada pelajaran baru yang bisa kamu dapatkan. Hal ini yang bikin hidup dan kariermu jadi terus berkembang.

4. Mengejar kesempurnaan akan membuat hidup jadi tak seimbang

Terlalu mengejar kesempurnaan dalam karier bisa membuat kehidupanmu jadi gak seimbang. Demi pekerjaan kamu sampai mengabaikan kehidupan pribadi.

Pulang kerja sering telat akibat menuntut tugasmu diselesaikan dengan sempurna. Akibatnya, keluarga jadi gak mendapat perhatian yang seharusnya. Kehidupan pribadimu pun jadi berantakan.

Sekarang jadi tahu, ya, kalau bersikap perfeksionis justru banyak ruginya. Semoga dengan uraian tadi bisa mendorongmu untuk lebih seimbang menyikapi pekerjaan dan kehidupan personal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak