facebook

5 Keuntungan Lulus Kuliah 3,5 Tahun, Makin Cepat Makin Baik

Desyta Rina Marta Guritno
5 Keuntungan Lulus Kuliah 3,5 Tahun, Makin Cepat Makin Baik
Ilustrasi wisuda (Pixabay.com/MauraLBU)

Lulus kuliah lebih cepat dari waktu normal adalah impian seluruh mahasiswa, rata-rata mereka yang lulus cepat hanya menempuh pendidikan selama 3,5 tahun. Untuk bisa lulus 3,5 tahun bukanlah sesuatu yang mudah, tapi sepadan dengan keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelahnya.

Jadi, kalau kamu mau lulus cepat sebaiknya dipersiapkan sejak semester awal. Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapat jika bisa lulus lebih cepat alias 3,5 tahun.  

1. Tidak Perlu Bayar UKT Lagi

Karena sudah lulus di semester ke-7, kamu tidak perlu membayar ukt untuk semester 8. Bagi kamu yang ingin meringankan beban orang tua dan segera lulus, mengusahakan untuk lulus di semester ketujuh ini bisa jadi solusi. Tapi kembali lagi, untuk mendapat keuntungan tadi kamu harus mau bekerja keras dan mempersiapkan diri sejak awal.

2. Makin Banyak Kesempatan Mencari Pekerjaan

Kalau bisa lulus lebih cepat seperti itu, ibarat kata kamu sudah mencuri start dibanding teman-temanmu yang lain. Kesempatanmu mencari lowongan pekerjaan juga semakin banyak, apalagi kamu fresh graduate yang masih membutuhkan banyak pengalaman. 

3. Bisa Rehat Sejenak, Tidak Buru-buru

Sambil mencari pekerjaan dan memilih mana yang tepat, kamu juga bisa rehat sejenak dari kesibukan yang selama ini membebanimu. Tentu setelah melewati semester yang berat, kamu membutuhkan waktu untuk menjernihkan pikiran sebelum akhirnya melamar pekerjaan.

4. Rencana Masa Depan Jadi Lebih Singkat

Lulus kuliah lebih cepat dapat menjadi salah satu faktor yang bisa mempercepat rencana masa depanmu. Mungkin kamu memiliki target bekerja di umur sekian, menikah di umur sekian, dengan masa studi yang singkat tadi, besar kemungkinan rencanamu akan berjalan sesuai dengan angan-angan.

5. Membanggakan Keluarga

Satu lagi keuntungan yang bisa kamu dapat jika bisa lulus 3,5 tahun adalah membuat keluarga merasa bangga. Siapa yang tidak senang bila anaknya, kakaknya, atau adiknya bisa mencapai prestasi yang bagus? Dengan ini kamu juga bisa memberi motivasi untuk saudara-saudaramu yang lain.

Itulah 5 keuntungan yang bisa kamu dapat bila lulus kuliah 3,5 tahun. Namun, ingat bahwa jalan setiap orang itu berbeda-beda dan setiap perjuangan harus tetap dihargai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak