facebook

4 Mindset Keliru yang Bisa Merugikanmu, Cepat Hilangkan!

Desyta Rina Marta Guritno
4 Mindset Keliru yang Bisa Merugikanmu, Cepat Hilangkan!
Ilustrasi pria (Pixabay.com/Peggy_Marco)

Mindset atau pola pikir yang kita gunakan memengaruhi banyak hal dalam diri kita. Dalam kasus yang demikian krusialnya, saat menjalani kehidupan sehari-hari, sering kali kita masih menggunakan mindset atau pola pikir yang keliru.

Akibatnya, kita harus membayar kerugian demi kerugian yang disebabkan oleh pola pikir tersebut. Berikut ini adalah 4 pola pikir yang keliru yang masih sering kita gunakan di kehidupan sehari-hari.

1. Kalau Bisa Besok, Kenapa Harus Sekarang?

Menunda pekerjaan, sesuatu yang sudah kita sadari bahwa itu salah tapi masih terus kita lakukan. Tindakan ini bisa jadi merugikan karena kita tidak menghargai waktu, bersantai-santai sementara masih banyak pekerjaan yang belum selesai.

Mentang-mentang besok masih ada waktu, jadi kita menunda untuk mengerjakannya, sampai lupa bahwa harus menghargai waktu yang kita miliki dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

2. Hutang agar Kerja jadi Semangat

Siapa yang masih punya pemikiran seperti ini? Kalau kamu salah satu orangnya, cepat-cepat hilangkan saja karena itu bisa membuatmu rugi. Kalau untuk motivasi bekerja, kenapa harus dengan berhutang?

Menabung untuk investasi masa depan juga bisa dijadikan motivasi bekerja, tidak  perlu menggunakan alasan hutang. Kalau begini, yang ada hasil bekerjamu hanya untuk membayar hutang dan kamu tidak bisa menikmatnya.

3. Tidak Perlu Belajar, Nyontek Saja

Ini adalah salah satu mindset keliru yang sering kita temui bahkan sejak masih kecil. Belajar tidak penting karena besok bisa nyontek, lantas apa tujuan dari sekolah kalau kita tidak belajar dan mengandalkan orang lain? Mirisnya, meskipun sudah tahu kalau ini tidak benar, masih banyak orang yang menormalisasi perilaku ini.

4. Orang Tuaku Kaya, Aku Tidak Perlu Bekerja Keras

Bagi mereka yang berasal dari keluarga kaya, mungkin ada beberapa yang berpikiran seperti ini. Akibat terlalu dimanja dengan harta, seseorang menjadi tidak tahu arti dari kerja keras dan cara menghargainya, yang mereka tahu hanya dengan bersantai sudah bisa mendapat uang dan apa saja yang mereka inginkan.

Kalau kamu masih memiliki pemikiran seperti ini, jangan dibiarkan ya, kalau tidak berusaha lantas siapa yang akan menghidupi kita saat orang tua sudah tak mampu bekerja?

Itulah 4 mindset keliru yang bisa merugikan kita dan harus segera dihilangkan, jangan sampai kita harus membayar ruginya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak