facebook

5 Tips Parafrase agar Lebih Mudah dan Tak Jadi Plagiasi

Desyta Rina Marta Guritno
5 Tips Parafrase agar Lebih Mudah dan Tak Jadi Plagiasi
Ilustrasi menulis (Pixabay.com/StartupStockPhotos)

Parafrase adalah salah satu teknik mengutip yang biasa digunakan saat mengerjakan tugas. Teknik ini digunakan untuk menghindari plagiasi juga untuk menguji seberapa paham kita terhadap bacaan yang telah kita baca.

Namun, untuk melakukan parafrase sendiri terkadang kita masih merasa kesulitan. Berikut ini adalah tips untuk melakukan parafrase agar lebih mudah dan tidak jadi plagiasi. 

1. Baca Sedikit demi Sedikit

Dengan membaca keseluruhan bacaan terkadang kita malah lupa apa isi dari bacaan tersebut. Oleh karena itu, untuk melakukan parafrase lebih baik untuk membacanya sedikit demi sedikit, dengan begitu kita juga bisa dengan mudah memahami sekaligus memparafrasenya.

2. Pahami Isi Bacaan

Melakukan parafrase tidak bisa kita lakukan tanpa memahami isi bacaannya terlebih dahulu, setelah membacanya sedikit, pahamilah apa yang ada dalam bacaan. Untuk memahami pun terkadang kita tidak cukup hanya dengan sekali baca, jadi bacalah berulang-ulang sampai benar-benar paham.

3. Tutup Bacaan dan Tulis Apa yang Kamu Ingat

Kalau sudah membaca dan memahami bacaan, tutup laman bacaan tersebut kemudian tulis apa yang kamu tangkap dengan bahasamu sendiri. Jangan melihat kembali ke bacaan karena itu akan membuat isi parafrasemu jadi mirip. Jadi, apa yang kamu tulis, itulah yang kamu pahami.  

4. Lakukan Editing

Setelah kamu selesai memparafrase isi bacaan hingga selesai, baca kembali tulisanmu dan lakukan editing. Bisa jadi karena proses penulisan yang cepat tadi, kamu melakukan typo atau ada kata-kata yang tidak tepat dengan pemahamanmu. Dalam proses editing juga jangan melihat ke dalam bacaan ya.

5. Cek Plagiasi

Untuk menghindari plagiasi, kamu bisa memeriksanya dengan menggunakan web pemeriksa plagiasi. Nah, kalau ada kata-kata atau kalimat yang masih terdeteksi, kamu bisa merubahnya dengan kalimat yang lain.

Biasanya kalau untuk tugas, dosen atau guru masih memberi toleransi presentase plagiasi sebesar 15-20 persen. Namun, akan lebih baik lagi jika tidak ada sama sekali dari pekerjaanmu yang masih terdeteksi plagiasi.

Itulah 5 cara melakukan parafrase agar lebih mudah dan tidak jadi plagiasi, selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak