facebook

Lakukan 4 Cara Ini Supaya Tidak Kecanduan Ponsel

oce blue
Lakukan 4 Cara Ini Supaya Tidak Kecanduan Ponsel
Ilustrasi telepon genggam. (Pixabay)

Teknologi pada zaman sekarang sudah tidak diragukan lagi tingkat kecanggihannya. Salah satunya adalah ponsel genggam yang selalu ada di dekat kita. Jika tidak memegangnya seakan kita tidak bisa melakukan apapun. Tapi perlu kamu ketahui hal ini bisa membuat kita kecanduan. Untuk. mencegahnya, lakukan 4 cara di bawah ini.  

1. Beri batasan waktu untuk memainkannya

Kita juga harus berkomitmen dan mempunyai sikap disiplin saat memainkan ponsel. Jika kamu tidak bisa mencegah dirimu, tentunya kamu akan terus kecanduan. Cobalah untuk berjanji pada dirimu bahwa kamu akan memainkannya sesuai batas waktu. Contohnya kamu boleh memainkan ponsel maksimal 3 jam perhari. Jika masih sulit, setel alarm agar dirimu mengingatnya. 

2. Hapus aplikasi yang membuatmu kecanduan

Pastinya ada aplikasi yang selalu menarik kita untuk memainkan ponsel. Jika itu adalah aplikasi yang justru membuat waktumu terkuras bukan untuk hal yang begitu penting, hapus aplikasi tersebut. Jika sudah menghapusnya, secara perlahan kita pasti akan mengurangi waktu untuk bermain ponsel. Jangan sampai terbalik, yang mengatur ponselmu adalah dirimu. 

3. Matikan ponsel sebelum tidur

Tidak sedikit dari kita yang begadang sampai larut malam karena terus-terusan sibuk pada ponsel. Jika itu untuk mengerjakan tugas atau hal penting tidak masalah, tapi juga harus istirahat. Akan lebih baik jika 15 menit sebelum tidur kamu sudah tidak lagi memegang ponsel. Matikan ponselmu agar kamu tidak terus-terusan memainkannya. Jangan biarkan waktumu terkuras untuk hal-hal yang tidak penting. 

4. Buka ponselmu hanya untuk hal yang penting saja

Jika kamu menghabiskan waktumu untuk hal yang kurang penting di depan ponsel, tinggalkan kebiasaan ini mulai dari sekarang. Berusahalah untuk mengecek media sosial 3 kali sehari. Jangan dekatkan ponselmu saat kamu fokus belajar atau bekerja. Jika untuk sekedar mendengarkan musik sambil belajar, itu tidak apa. Tidak semua hal yang ada di ponsel itu hal positif. Jadi, kita harus benar-benar bijak untuk mengoperasikannya. 

Kecanduan ponsel rasanya tidak enak. Mata kita akan terus kelelahan dan bisa rusak. Bijaklah untuk melakukan apapun. Pedulilah dengan kebaikan dirimu sendiri. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak