facebook

4 Alasan Mengapa Kamu Mudah Berprasangka Buruk pada Orang Lain

Dhelvin Agung
4 Alasan Mengapa Kamu Mudah Berprasangka Buruk pada Orang Lain
Ilustrasi pria (Pexels.com/Craig Adderley)

Terlalu berhati-hati pada orang lain adalah perilaku yang tidak baik, sebab hal yang kamu tunjukkan itu sikap yang berlebihan. Apalagi, jika kamu sampai berprasangka buruk. Oleh karena itu, kamu jangan langsung merasa curiga dulu pada orang lain. Sebab, bisa jadi hal tersebut muncul dari diri kamu sendiri karena dalam menyikapi orang lain sudah berlebihan.

Berikut ini 4 alasan mengapa kamu mudah berprasangka buruk pada orang lain.

1. Sulit Percaya

Prasangka buruk mudah sekali muncul sebab kamu merasa sangat sulit untuk percaya dengan orang lain, sehingga perasaan tidak baik ini akan muncul. Hal ini tentu saja akan merugikan kamu dan juga orang lain. Kamu menjadi sulit percaya pada orang lain akan membuat kamu mudah sekali menilai orang tersebut tidak baik. Pasalnya, apa yang orang tersebut lakukan menurutmu selalu negatif.

2. Trauma

Mungkin saja kamu pernah dikecewakan oleh orang lain, sehingga membuat kamu merasa trauma sampai saat ini. Dengan kamu memiliki trauma, akan sangat mudah membuat kamu berprasangka buruk pada orang lain. Oleh karena itu, kamu harus bisa menghilangkan rasa trauma tersebut agar kamu tidak memiliki prasangka buruk pada orang lain.

3. Sering Overthinking

Dengan kamu sering overthinking, tentu saja akan membuat kamu mudah berprasangka buruk pada orang lain. Sebab, kamu selalu menilai orang lain secara berlebihan, sehingga orang tersebut akan terlihat tidak baik bagimu.

Oleh karena itu, mulai saat ini kamu harus bisa menghilangkan kebiasaan overthinking. Selain bisa membuat kamu dalam menilai orang lain selalu negatif, kebiasaan yang kamu lakukan ini juga akan merugikan orang lain. Belum tentu orang yang kamu nilai itu seburuk apa yang ada di pikiranmu.

4. Rasa Takut yang Berlebihan

Ketika kamu memiliki rasa takut yang berlebihan, tentu saja akan memicu pikiranmu untuk berprasangka buruk pada orang lain. Kamu merasakan kekhawatiran yang seharusnya tidak perlu kamu rasakan. Hal ini tentu saja akan memiliki dampak yang tidak baik bagimu.

Kamu akan menarik diri dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Bukan hanya itu, dengan kamu memiliki rasa takut yang berlebihan juga akan membuat kamu dalam menilai orang lain selalu negatif.

Itulah empat alasan mengapa kamu mudah berprasangka buruk pada orang lain. Oleh karena itu, daripada kamu selalu menilai orang negatif. Lebih baik kamu kamu mencari tahu dulu yang sebenarnya. Pasalnya, mudah berprasangka buruk adalah perilaku yang tidak baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak