facebook

5 Manfaat Berpelukan yang Jarang Disadari, Bisa Perkuat Imunitas!

Mericy setianingrum
5 Manfaat Berpelukan yang Jarang Disadari, Bisa Perkuat Imunitas!
Ilustrasi berpelukan (Pixabay.com/Sofia_Shultz_Photography)

Momen berpelukan mungkin tampaknya terlihat mudah dan sederhana, namun rupanya hal ini dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Maka tak heran, apabila momen pelukan baik dengan pasangan atau kerabat keluarga terdekat jangan di sia-siakan. 

Pasalnya, dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa berpelukan mempunyai fungsi sama dengan menyusui. Hal ini karena berpelukan dapat membuat tubuh melepaskan hormon oksitosin yakni sebuah hormon yang dihubungkan dengan perasaan bahagia. Tak ayal memberi pelukan dapat memberikan perasaan akrab layaknya ibu dan bayi di masa menyusui. Dirangkum dari alodokter, berikut lima manfaat berpelukan yang mungkin jarang orang ketahui. 

1. Kunci hubungan yang harmonis

Saat kamu berpelukan ini dapat memancing tubuh untuk melepaskan hormon oksitosin. Sehingga kamu bisa merasakan rasa tenang dan nyaman dan membuat hubungan menjadi lebih harmonis. 

Tak ayal apabila, kamu kerap melakukan hal seperti berpegangan tangan atau berpelukan dapat membuat pasangan akan lebih saling sayang. 

2. Merasa aman dan lebih terlindungi 

Banyak hal yang membuktikan bahwa orang dewasa yang sering memeluk dan dipeluk sejak dirinya masih kecil. Mereka akan mempunyai tingkat stres yang lebih rendah apabila tidak pernah mendapat pelukan sejak kecil. 

Pasalnya, kontak fisik dengan orang dewasa dianggap mampu mengurangi tekanan dalam kehidupan mereka walaupun hanya berupa sentuhan. 

3. Memberikan rasa positif

Apabila kamu merasa nyaman, berpelukan mampu membentuk sebuah ikatan atau kepercayaan kepada siapa pun yang melakukan hal ini. 

Dengan berpelukan ini dapat membuatmu merasa aman sebab ada jalinan yang dapat menciptakan rasa terlindungi sehingga muncul perasaan tenang dan positif. 

4. Dapat perkuat imunitas atau daya tahan

Apabila melakukan aktivitas berpelukan akan memberikan rasa tenang, nyaman dan jauh dari kata stres. Sehingga hal ini dampak memberikan dampak terhadap sistem daya tahan tubuh dan imunitas lebih kuat dalam menghadapi berbagai penyebab infeksi. 

5. Baik untuk kesehatan jantung dan redakan stres

Manfaat berpelukan ternyata juga baik bagi kesehatan jantung karena hal ini dipercaya mampu menurunkan kadar hormon kortisol. Hormon ini diproduksi oleh adrenalin ketika seseorang mendapat tekanan alias stres.

Itulah lima manfaat berpelukan yang jarang orang ketahui. Pada dasarnya tidak ada patokan seberapa banyak kamu harus melakukan aktivitas berpelukan, namun sebaiknya lakukan sebisa mungkin karena manfaatnya akan lebih besar. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak