facebook

5 Cara Melampiaskan Emosi Tanpa Curhat ke Orang Lain, Bikin Lega!

Rania Erin Oktiara
5 Cara Melampiaskan Emosi Tanpa Curhat ke Orang Lain, Bikin Lega!
Ilustrasi emosi. (Unsplash.com/Nik Shuliahin)

Emosi yaitu perasaan yang ditunjukkan oleh seseorang sebagai respon terhadap suatu kejadian. Emosi antara lain senang, marah, sedih, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan perasaan seseorang.

Tidak jarang seseorang bingung untuk meluapkan emosinya lantaran tidak terlalu akrab dengan teman lainnya, takut ceritanya menyebar, atau mungkin kejadian yang dialaminya terlalu privasi sehingga enggan curhat ke orang lain.

Ada beberapa cara untuk meluapkan emosi tanpa curhat atau cerita ke orang lain, berikut 5 cara terserbut.

1. Curhat di akun sosial media baru dan private

Cara ini cukup melegakan karena menuangkan segala emosi dan perkataan yang tidak sempat terucap pada orang lain. Usahakan akun ini hanya kamu saja yang tahu dan jangan lupa untuk mem-private agar tidak ada orang lain yang bisa melihatnya.

Kamu juga bisa menuliskan curhatan itu lalu menghapusnya ketika sudah merasa lega. Cara ini cukup manjur, terlebih tidak ada jejak digital apabila kita segera menghapusnya. Selain itu, kamu juga akan lebih cepat melupakan apa yang kamu tulis.

2. Menulis di kertas lalu merobeknya atau disimpan sebagai kenangan

Emosi marah seringkali membuat orang jengkel dan berapi-api. Melampiaskan ke orang lain terkadang juga tidak menghasilkan solusi, malah yang ada semakin buruk.

Cara menulis emosi di kertas lalu merobeknya ini cukup manjur untuk menghilangkan amarah tersebut. Kamu juga bisa menyimpannya apabila emosi yang kamu tulis berupa cerita indah dan tidak ingin dilupakan.

3. Curhat ke binatang peliharaan

Bagi pecinta binatang tentu tidak asing dengan cara ini. Mengajak binatang peliharaan kesayangan ngobrol adalah hal yang paling menyenangkan. Terlebih ia juga merespon ucapan kita dengan suara atau gerak tubuhnya.

4. Membuatnya menjadi cerita fiksi

Membuat cerita fiksi seperti cerpen (cerita pendek) dan puisi juga bisa menjadi wadah untuk menuangkan emosi tersebut. Tidak akan ada orang yang tahu kalau cerita itu diangkat dari pengalaman yang terjadi padamu, kecuali kamu memberitahunya.

5. Curhat kepada Tuhan

Cara ini bisa dilakukan saat berdoa. Meluapkan semua yang kamu rasakan ke Tuhan ternyata juga bisa membuat hati merasa lega, menguatkan iman, dan membuatmu semakin mensyukuri hidup.

Nah, itu dia 5 cara melampiaskan emosi tanpa curhat ke orang lain. Dengan begitu, perasaan akan terasa lebih tenang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak